Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan
|
:
|
MTs ATTAUFIQ
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
Al-Qur`an Hadits
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII (Tujuh) / 1
|
Materi Pokok
|
:
|
Al Qur’an Dan
Hadis Sebagai Pedoman Hidupku
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 TM (4 x 40
Jam)
|
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak
mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
B. Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini al-Quran dan Haditssebagai pedoman hidup
2.1 Memiliki perilaku mencintai al-Quran dan Hadits dalam kehidupan
3.1 Memahami kedudukan al-Quran dan Haditssebagai pedoman hidup
umat manusia
C. Indikator
1.
Menjelaskan pengertian dan fungsi al-qur`an
2.
Menjelaskan pengertian dan fungsi Hadis
3.
Membedakan fungsi al-Quran dan Hadits
4.
Menjelaskan cara memfungsikan al-Quran dan Hadits dalam kehidupan
5.
Menjelaskan cara mencintai al-Quran dan
Hadits
6.
Menjelaskan perilaku orang yang mencintai
al-Quran dan Hadits
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan diharapkan peserta didik
mampu menjelaskan pengertian dan fungsi al-Quran dan Hadis, membedakan fungsi
keduanya, cara memfungsikannya dalam kehidupan, cara mencintainya dan juga
mampu menjelaskan perilaku seseorang yang mencintai al-Quran dan Hadits.
E. Materi pembelajaran
Al Qur’an Dan Hadis Sebagai Pedoman Hidupku
F. Pendekatan/metode pembelajaran
1.
Pendekatan: saintifik
2.
Metode: Ceramahbervariasi, Mind Mapping
G. Media, alat, sumber belajar
a.
Mushaf
Al- qurandanHadits
b.
BukupegangansiswaKemenag
c.
Sumber
lain ygmenunjang
H. Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan
|
10’
|
Ceramahbervariasi
|
|
a.
b.
c.
|
Guru memberi
salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
Berdoa sebelum pelajaran
dimulai
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dari materi ini,
Guru membentuk kelompok
belajar untuk melakukanpembelajaran
model mind mapping
|
|||
2
|
KegiatanInti :
|
60’
|
Pemelajaran
Mind
mapphing
|
|
A
|
Eksplorasi
Guru membimbingdanmengawasi setiap kelompok belajar (di sini guru
sebagaifasilitatorsertamembantusiswaapabilamengalamikesulitan)
|
|||
b.
|
Elaborasi
1.
Siswadikelompokkandalam 2tim
2.
Tiapkelompokdiberibagiankasus yangberbeda
3.
Tiapmendiskusikankasus yang didapat
4.
Tiapkelompokmenginventarisasikanataumencatathasildaridiskusi
5. tiapkelompokmembacakanhasildaridiskusi,
dan guru mencatatjawabandarisetiapkelompok di papantulissesuaikebutuhan guru
|
|||
c.
|
Konfirmasi
- Guru melakukan evaluasi
proses terhadap kegiatan
Pembelajaran siswa
- Siswadimintauntukmembuatkesimpulan
|
|||
3
|
Penutup
|
10’
|
Ceramah
|
|
a.
|
Guru membimbing siswa untuk membuat
rangkuman dari materi yang telah dibahas
|
|||
b.
|
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
I. Penilaian
1.
Penilaian sikap
a.
Format Penilaian Individu
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Aktifitas
|
Jml.
Skor
|
|||||||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Kepedulian
dan kesantunan
|
Inisiatif
|
|||||||||||||||
1.
|
Said
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
2.
|
Ay
|
b.
Rubrik penilaian:
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kerjasama
|
Belum
memperlihatkan kerjasama dengan teman Satu kelompok
|
1
|
Mulai
memperlihatkan kerjasama dengan teman Satu kelompok
|
2
|
||
Mulai
berkembang kerjasama dengan teman
Satu kelompok
|
3
|
||
Mulai
membudayakan kerjasama dengan teman
Satu kelompok
|
4
|
||
2
|
Keaktifan
|
Belum memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan
Selama proses
melaksanakan tugas
|
1
|
Mulai
memperlihatkan keaktifannya dalam berdiskusi dan
Selama proses
melaksanakan tugas
|
2
|
||
Mulai
berkembang keaktifannya dalam
berdiskusi dan
Selama proses
melaksanakan tugas
|
3
|
||
Mulai
membudayakan keaktifannya dalam berdiskusi dan
Selama proses
melaksanakan tugas
|
4
|
||
3
|
Kepedulian
dan kesantunan
|
Tidak mau
menghargai pendapat orang lain dan menyampaikan pendapatnya dengan bahasa yang
kurang Santun
|
1
|
Kurang dapat
menghargai pendapat orang lain dan kurang
Santun
|
2
|
||
Menghargai
orang lain namun kurang Santun dalam menanggapi pendapat
|
3
|
||
Menghargai
orang lain dan menanggapi pendapat dengan
Santun
|
4
|
||
4
|
Inisiatif
|
Belum memperlihatkan
Inisiatifnya
|
1
|
Mulai memperlihatkan
Inisiatifnya
|
2
|
||
Mulai berkembang Inisiatifnya
|
3
|
||
Mulai membudayakan Inisiatifnya
|
4
|
||
Total
|
16
|
2. Format Penilaian “kembangkan
pikiranmu” (Berdiskusi – Menemukan Peristiwa)
a. Format Penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
Maks.
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
||||
1.
|
Said
|
b. Aspek dan rubrik
penilaian kelompok:
No.
|
Indikator Penilaian
|
Skor
|
|
1
|
Kedalaman
Informasi.
|
Memberikan kejelasan dan kedalaman informasi
Lengkap dan Sempurna
|
30
|
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi lengkap dan kurang Sempurna
|
20
|
||
Memberikan penjelasan dan kedalaman informasi kurang lengkap
|
10
|
||
2
|
Keaktifan
dalam
Diskusi/tugas
|
Berperan sangat aktif dalam diskusi
|
30
|
Berperan aktif dalam diskusi
|
20
|
||
Kurang aktif dalam diskusi
|
10
|
||
3
|
Kejelasan
Dan kerapian
Presentasi/
Jawaban
|
Mempresentasikan dengan Sangat jelas dan rapi
|
40
|
Mempresentasikan dengan jelas dan rapi,
|
30
|
||
Mempresentasikan dengan Sangat jelas dan kurang rapi
|
20
|
c.
Pedoman Pen-Skoran
Nilai = Jumlah
Nilai Skor Yang diperoleh x 100
Jumlah Skor maksimal
Mengetahui
Kepala Sekolah ................
( ___________________ )
NIP ..................................
|
......, ........................... 20...
Guru Mapel Al-Quran
Hadis
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar