RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MTS AL-FAJAR PEKANBARU
MATA PELAJARAN : AKIDAH AKHLAK
KELAS : IX
SEMESTER : 1
TAHUN : 2017/2018
A.KOMPETENSI INTI
a) Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
b) Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai) sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
c) Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
d) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Memahami pengertian dari Qana’ah
dan Tasamuh.
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
a)
Menjelaskan pengertian dari Qana’ah dan Tasamuh
b)
Menampilkan dan
menjelaskan contoh-contoh dari perilaku Qana’ah dan Tasamuh
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
a) Mampu menjelaskan pengertian Qana’ah dan
Tasamuh.
b)
Mampu menampilkan contoh-contoh
dari perilaku Qana’ah dan Tasamuh.
c)
Dapat membiasakan perilaku Qana’ah dan Tasamuh dalam
kehidupan sehari-hari.
E. MATERI BELAJAR
Qana’ah dan Tasamuh
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode :
Ceramah bervariasi
2. Model Pembelajaran : Tanya Jawab
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan
|
10’
|
Ceramah
bervariasi
|
|
|
a.
Guru memberi salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
b.
Berdoa sebelum pelajaran dimulai
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti :
|
25’
|
Pembelajaran
Ceramah dan Tanya Jawab
|
|
a
|
Eksplorasi
Guru mengingatkan pembelajaran yang lalu.
|
|||
Guru
menyampaikan materi yang akan diajarkan.
|
||||
c.
|
Konfirmasi
- Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan
Pembelajaran siswa
- Guru menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan dan memberi motivasi pada siswa yang belum aktif
|
|||
3
|
Penutup
|
5’
|
Ceramah
|
|
a.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
H. SUMBER BELAJAR
1. Buku Ajar Akidah Akhlak kelas IX
2. Buku-buku lain yang relevan
I. MEDIA PEMBELAJARAN
1. White board dan infocus
J. PENILAIAN
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Menjelaskan pengertian Qana’ah dan Tasamuh
2.
Menyebutkan fungsi-fungsi dari tasamuh
|
Tes tertulis
|
Soal uraian
|
Terlampir
|
Instrumen
1.
Jelaskan pengertian dari Qana’ah dan Tasamuh!
2.
Sebutkan fungsi-fungsi
dari tasamuh!
Skor Penilaian : Skor perolehan
x 100%
Skor Maksimal
Kunci Jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor Nilai
|
1.
|
Qana’ah adalah merasa cukup atas
pemberian dari Allah. Setelah berusaha dan berdo’a.
Tasamuh adalah saling menghormati dan
menghargai antara manusia yang satu dengan manusia yg lainnya.
|
6
|
2.
|
Fungsi Tasamuh : banyak saudara,
urusan yang dihadapi menjadi lebih mudah, kesulitan yang dihadapi bisa
diatasi, suasana dengan teman menjadi akrab layaknya sebuah keluarga.
|
6
|
Pekanbaru, 25
Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Ririn Pratiwi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar