Kamis, 11 April 2019

RPP AQIDAH AKHLAK KELAS IX




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA MADRASAH           : MTS AL-FAJAR PEKANBARU
MATA PELAJARAN                        : AKIDAH AKHLAK
KELAS                                   : IX
SEMESTER                            : 1
TAHUN                                  : 2017/2018


A.KOMPETENSI INTI
a)    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
b)   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
c)    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
d)   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Memahami pengertian dari Qana’ah dan Tasamuh.
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
a)         Menjelaskan pengertian dari Qana’ah dan Tasamuh
b)      Menampilkan dan menjelaskan contoh-contoh dari perilaku Qana’ah dan Tasamuh
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Pertemuan 1:
a)       Mampu menjelaskan pengertian Qana’ah dan Tasamuh.
b)         Mampu menampilkan contoh-contoh dari perilaku Qana’ah dan Tasamuh.
c)         Dapat membiasakan perilaku Qana’ah dan Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

E. MATERI BELAJAR
     Qana’ah dan Tasamuh

F.  METODE PEMBELAJARAN
     1.  Metode                          : Ceramah bervariasi
     2.  Model Pembelajaran      : Tanya Jawab


GLANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan
 10’
Ceramah bervariasi




a.       Guru memberi salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
b.      Berdoa sebelum pelajaran dimulai
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini
2
Kegiatan Inti :
25’
Pembelajaran Ceramah dan Tanya Jawab
a
Eksplorasi
Guru mengingatkan pembelajaran yang lalu.
Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan.
c.
Konfirmasi
- Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan
  Pembelajaran siswa
- Guru menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan  dan memberi motivasi pada siswa yang belum aktif
3
Penutup
5’
Ceramah
a.       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

H. SUMBER BELAJAR
     1.  Buku Ajar Akidah Akhlak kelas IX
     2.  Buku-buku lain yang relevan

I.  MEDIA PEMBELAJARAN
     1. White board dan infocus

J.  PENILAIAN
    
Indikator Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.      Menjelaskan pengertian Qana’ah dan Tasamuh
2.      Menyebutkan fungsi-fungsi dari tasamuh
Tes tertulis
Soal uraian
Terlampir



     Instrumen
1.      Jelaskan pengertian dari Qana’ah dan Tasamuh!
2.      Sebutkan fungsi-fungsi dari tasamuh!

Skor Penilaian : Skor perolehan  x 100%
             Skor Maksimal

Kunci Jawaban

No
Jawaban
Skor Nilai
1.
Qana’ah adalah merasa cukup atas pemberian dari Allah. Setelah berusaha dan berdo’a.
Tasamuh adalah saling menghormati dan menghargai antara manusia yang satu dengan manusia yg lainnya.
6
2.
Fungsi Tasamuh : banyak saudara, urusan yang dihadapi menjadi lebih mudah, kesulitan yang dihadapi bisa diatasi, suasana dengan teman menjadi akrab layaknya sebuah keluarga.
6

Pekanbaru, 25 Maret 2018

Mengetahui,                                                                                       
Kepala Madrasah                                                                                Guru Bidang Studi



                                                                                                                  Ririn Pratiwi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar