Nama : Hayatun Sakinah
Semester :
IV A
Mata Kuliah :
Administrasi Dan Supervisi Pendidikan
Dosen Pembimbing : Dra.Hj. Yenni Anis, MA
PERAN DAN TUGAS KEPALA SEKOLAH
Ada
beberapa tugas,fungsi dan tanggung jawab kepala sekolah sebagai supervisor pengajaran
di sekolah. Secara umum, kegiatan atau usaha-usaha yang dapat dilakukan
oleh kepala sekolah sesuai fungsinya sebagai supervisor ialah mencakup kegiatan
atau usaha sebagai berikut:
1.
Membangkitkan
dan merangsang guru-guru dan pegawai sekolah dalam melaksanakan tugasnya masing-masing
dengan sebaik-baiknya.
2.
Berusaha
mengadakan dan melengkapi alat-alat perlengkapan sekolah termasuk media
instruksional yang diperlukan bagi kelancaran keberhasilan PBM.
3.
Bersama
guru-guru berusaha mengembangkan, menggunakan, dan mencari metode-metode
mengajar yang lebih sesuai dengan tuntutan kurikulum baru.
4.
Membina
kerjasama yang baik dan harmonis di antara guru-guru dan pegawai sekolah
lainnya.
5.
Berusaha
mempertinggi mutu dan pengetahuan guru-guru dan pegawai sekolah, antara lain
dengan mengadakan diskusi kelompok, menyediakan perpustakaan sekolah, dan/atau
mengirim para guru dan pegawai untuk mengikuti penataran, seminar, dan kegiatan
ilmiah lainnya sesuai bidangnya masing-masing.
6.
Membina
hubungan kerjasama yang baik antara sekolah dengan komite sekolah, orang tua
siswa, masyarakat, dan instansi lain yang terkait dalam rangka peningkatan mutu
pendidikan di sekolah (Purwanto, 2003:119; Sergiovanni dan Starratt, 1993: 267;
Brown and Bourne, 1995; Goldhammer, et al. 1993).
Selanjutnya, Julitriarsa dan Suprihanto (1992)
mengemukakan bahwa tugas dan tanggung jawab kepala sekolah dalam supervisi di
sekolah, yaitu:
1. Melakukan
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan di sekolah bersama staf guru dan staf
sekolah lainnya.
2. Melakukan
pengorganisasian kegiatan di sekolah.
3. Melakukan
kegiatan penggerakkan kepada semua staf di sekolah.
4. Melakukan
kegiatan supervisi terhadap aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh para staf
guru dan staf sekolah lainnya di sekolah.
5. Menilai
proses kerja dan hasil kerja yang dicapai oleh para staf dalam melakukan
kegiatannya masing-masing di sekolah.
Tugas dan tanggung jawab kepala sekolah
tersebut harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi kesuksesan kepala
sekolah dalam melaksanakan fungsinya sebagai supervisor pengajaran di
sekolah. Jika fungsi supervisor telah dilaksanakan dengan profesional,
kepala sekolah akan dapat berhasil dalam memimpin semua staf sekolah (khususnya
staf guru) yang menjadi mitranya dalam bekerjasama secara tim (Team Work) untuk
meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru, yang bermuara kepada peningkatan
kualitas proses dan hasil pembelajaran di kelas khususnya dan mutu pendidikan
di sekolah pada umumnya.
PERAN DAN TUGAS GURU
Guru merupakan suatu profesi yang selalu
berkaitan dengan pendidikan anak-anak bangsa. Ia harus memiliki banyak
pengetahuan dan keterampilan serta menguasai bahan ajar yang terdapat dalam
kurikulum untuk diajarkan kepada siswa. Sebagai seorang pendidik guru merupakan
panutan untuk ditiru dan diteladani oleh siswa baik dari sikap, perilaku, budi
pekerti, berakhlak mulia, tekun dan mau belajar. Berharap agar membentuk
kepribadian siswa di masa yang akan datang.
Disisi lain guru dikatakan memiliki peran
ganda. Kenapa demikian? Karena guru merupakan pendidik untuk menciptakan sikap
dan perilaku yang bernilai moral dan agama serta sebagai pengajar yang
bertujuan untuk menyampaikan bahan ajar, menentukan alat evaluasi belajar yang
digunakan untuk menilai hasil belajar siswa.
Dari hal diatas, sudah jelas bahwa guru
memiliki peran dan tugas yang sangat penting dalam mendidik dan mengajarkan
siswa. Adapun peran dan tugas guru tersebut ialah :
1. Guru sebagai pendidik
Sebagai
seorang pendidik guru memiliki tugas untuk mengembangkan kepribadian dan
membina budi pekerti serta memberikan pengarahan kepada siswa agar menjadi
seorang anak yang berbudi luhur.
2. Guru sebagai pengajar
Mengajar
yaitu memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa, melatih keterampilan,
memberikan pedoman, bimbingan, merancang pengajaran, melaksanakan pembelajaran
dan menilai aktivitas pembelajaran.
3. Guru sebagai fasilitator
Tugas
utama guru sebagai fasilitator adalah memotivasi siswa, menyediakan bahan
pembelajaran, mendorong siswa untuk mencari bahan ajar, membimbing siswa dalam
proses pembelajaran dan menggunakan ganjaran hukuman sebagai alat pendidikan.
4.
Guru sebagai pelayanan
Pelayanan
disini berarti memberikan suatu kenyamanan terhadap siswa dalam belajar. Tugas
guru sebagai pelayanan yaitu menyediakan fasilitas pembelajaran dari sekolah
seperti ruangan, meja, kursi, papan tulis, alat peraga dan lainnya serta
memberikan layanan sumber belajar agar siswa nyaman dan aman dalam belajar.
5.
Guru sebagai perancang
Guru sebagai
perancang bertugas untuk menyusun program pengajaran dan pembelajaran sesuai
ajaran dalam kurikulum, menyusun rencana mengajar, menentukan strategi atau
metode yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
6.
Guru sebagai pengelola
Dalam perannya
sebagai pengelola, guru bertugas untuk melaksanakan adminitrasi kelas seperti
mengisi buku presensi siswa, daftar nilai siswa, mengisi raport dan sebagainya.
Bahkan guru harus memiliki rencana mengajar, program semesteran, program
tahunan dan silabus serta melaksanakan presensi kelas, dan memilih strategi dan
metode pembelajaran yang efektif
7.
Guru sebagai penilai
Penilaian
adalah suatu kegiatan yang dilakukan setelah proses belajar guna untuk
memberikan hasil belajar siswa tugas guru sebagai penilai yaitu menyusun tes dan
instrumen penilaian, melaksanakan penilaian terhadap siswa secara objektif,
mengadakan pembelajaran remedial dan mengadakan pengayaan dalam pembelajaran.
Sebagai
tenaga profesional seorang guru memang dikenal sebagai salah satu jenis dari
sekian banyak pekerjaan yeng memerlukan bidang keahlian khusus sesuai dengan
peran dan tugasnya. Guru bukan hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai
pengajaran yang mengemban nilai-nilai moral dan agama serta harus mempunyai
pengetahuan yang luas dalam melaksanakan proses belajar mengajar dengan siswa
agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar