MAKALAH
TELAAH KURIKULUM PAI SD/SMP/SMA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
OLEH : HAYATUN SAKINAH
TELAAH KURIKULUM PAI SD/SMP/SMA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
OLEH : HAYATUN SAKINAH
DOSEN PEMBIMBING
BAKTIAR NASUTION, M.Pd.I
BAKTIAR NASUTION, M.Pd.I
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PEKANBARU
2017
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan masalah
C. Tujuan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Contoh Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana dengan Taufiq dan
Hidayah serta Inayah-Nya,saya dapat
menyelesaikan makalah sederhana ini.
Semoga
shalawat dan salam senantiasa
dilimpahkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw dan seluruh keluarganya, para
sahabat,tabi’in,dan tabi’it-tabi’in, serta para pengikut setia Beliau hingga
akhir zaman.
Makalah
ini membahas tentang “Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar” yang dirangkum
dari beberapa sumber, dengan maksud agar memudahkan Mahasiswa dalam mempelajari
materi perkuliahan.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini, bisa dijadikan sebagai pelajaran dan bermanfaat
untuk kita semua, amin.
Pekanbaru,16 Oktober 2017
Hayatun Sakinah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kompetensi adalah seperangkat
kemampuan yang menyangkut sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus
dimiliki oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran
(kompetensi dasar). Perolehan kompetensi dalam pembelajaran pada umumnya
berlangsung secara berurutan. Namun Proses belajar untuk mencapai kompetensi
sikap tidak berlangsung secara eksplisit, tetapi terintegrasi dalam
belajar pengetahuan dan keterampilan yang difasilitasi guru. Bila guru
menghendaki siswa bersikap kritis, maka bahan ajar ketika mempelajari
pengetahun dan keterampilan hendaknya memuat tugas atau pertanyaan yang
melatih siswa agar kritis.
Pada kesempatan ini pemakalah ingin memberikan
persentasi dalam makalah yang berjudul Kompetensi inti dan kompetensi dasar.
Kiranya dapat berfungsi dalam proses belajar mengajar antara pendidik dan
peserta didik.
B. Rumusan
masalah
1.
Apa pengertian dari kompetensi
inti dan kompetensi dasar?
2. Bagaimanakah contoh dari kompetensi
inti dan kompetensi dasar?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian dari kompetensi inti dan kompetensi dasar.
2. Untuk mengetahui contoh dari
kompetensi inti dan kompetensi dasar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi
Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang
harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.
Kompetensi
Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas.
Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui
pembelajaran mata pelajaran yang relevan.
Setiap
mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan
kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas
tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi
inti. Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi
yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran.
Di
sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antar mata pelajaran.
Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena
tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan
kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi
dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang
tepat.
Dalam
mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan
menjadi kompetensi dasar yang dikelompokkan menjadi empat bagian. Hal ini sesuai
dengan rumusan kompetensi inti yang didukungnya, yaitu dalam kelompok
kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
Uraian
kompetensi dasar sedetil ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran
tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke
keterampilan, dan bermuara pada sikap.
Kompetensi
dasar dalam kelompok kompetensi inti sikap bukanlah untuk peserta didik, tetapi
sebagai pegangan bagi pendidik, bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut,
ada pesan-pesan sosial dan spiritual yang terkandung dalam materinya. [1]
Kompetensi Inti
dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap
keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan
(kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok
itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap
peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan
sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect
teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan
(kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar
merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan
dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang
terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi
inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan
memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari
suatu mata pelajaran.
B. Contoh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Gambar berikut
ini adalah bentuk dari kombinasi antara kompetensi inti dan kompetensi dasar :
Kompetensi
inti
|
Kompetensi
dasar
|
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Berwudhu
sebelum shalat
1.2
Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Berdo’a
sebelum dan sesudah makan
1.4 Meyakini
adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.
|
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1
Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-’Ashr
2.2 Menunjukkan
perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3 Menunjukkan
sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Muhammad SAW
|
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha
Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang
dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2 Mengenal
makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3 Mengenal
hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4 Mengenal
hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.5 Mengenal
makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6 Mengenal
tata cara shalat dan bacaannya
3.7 Mengenal
do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8 Mengenal
makna do’a sebelum dan sesudah makan
3.9 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13 Mengetahui
kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2
Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3 Menunjukkan
hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4 Mencontohkan
perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna
hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5 Mempraktekkan
wudhu dan do’anya dengan tertib dan benar
4.6 Memperaktekkan
shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW .
|
BAB III
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Kompetensi Inti
adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus
dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.
Kompetensi
Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta
didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik
peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
B. Saran
Akhirnya selesailah
makalah saya yang membahas tentang kompetensi
inti dan kompetensi dasar. Sungguh, masih banyak kekurangan yang harus saya
perbaiki dalam penyusunan makalah ini. Apabila terdapat kesalahan penulisan
saya mohon maaf, kritik dan saran dari pembaca akan saya tunggu. Terimakasih.
DAFTAR
PUSTAKA
Permendikbud
Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kompetensi Dasardan Struktur Kurikulum SD-MI.
Blog Kang Guru. 2013. Pengertian
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013.
http://smkplusqurrotaayungarut.blogspot.co.id/2013 /06/pengertian-kompetensi-inti-dan.html#.
Fachrul Rozie. 2016. Makalah
kompetensi Inti dan Kompetensi dasar dan KKM. http://fachrulrozie83.blogspot.co.id/2016/01/makalah-kompetensi-inti-dan-kompetensi.html.
[1] M.Nawi
Harahap. 2015. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013.
https://www.kompasiana.com/mnawiharahap/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-dalam-kuriku
lum-201355b86a3c92fdfd220738f918.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar