Jumat, 22 Maret 2019

MAKALAH TELAAH KURIKULUM PAI SD/SMP/SMA KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR


MAKALAH 
TELAAH KURIKULUM PAI SD/SMP/SMA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
 


OLEH : HAYATUN SAKINAH
DOSEN PEMBIMBING
BAKTIAR NASUTION, M.Pd.I


                      SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEKANBARU
2017



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.. 3
BAB I. 4
PENDAHULUAN.. 4
A. Latar Belakang. 4
B. Rumusan masalah. 4
C. Tujuan. 4
BAB II. 5
PEMBAHASAN.. 5
A. Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 5
B. Contoh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 7
BAB III. 10
KESIMPULAN DAN SARAN.. 10
A. Kesimpulan. 10
B. Saran. 10
DAFTAR PUSTAKA.. 11





KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana dengan Taufiq dan Hidayah serta Inayah-Nya,saya  dapat menyelesaikan makalah  sederhana  ini.
Semoga shalawat dan  salam senantiasa dilimpahkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw dan seluruh keluarganya, para sahabat,tabi’in,dan tabi’it-tabi’in, serta para pengikut setia Beliau hingga akhir zaman.
Makalah ini membahas tentang “Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar” yang dirangkum dari beberapa sumber, dengan maksud agar memudahkan Mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini, bisa dijadikan sebagai pelajaran dan bermanfaat untuk kita semua, amin.


   Pekanbaru,16 Oktober 2017
        Hayatun Sakinah





BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang menyangkut sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran (kompetensi dasar). Perolehan kompetensi dalam pembelajaran pada umumnya berlangsung secara berurutan. Namun Proses belajar untuk mencapai kompetensi sikap tidak berlangsung secara eksplisit, tetapi  terintegrasi dalam belajar pengetahuan dan keterampilan yang difasilitasi guru. Bila guru menghendaki siswa bersikap kritis, maka bahan ajar ketika mempelajari pengetahun dan keterampilan  hendaknya memuat tugas atau pertanyaan yang melatih siswa agar kritis.
Pada kesempatan ini pemakalah ingin memberikan persentasi dalam makalah yang berjudul Kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kiranya dapat berfungsi dalam proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik.

B. Rumusan masalah

1.    Apa pengertian dari  kompetensi inti dan kompetensi dasar?
2.    Bagaimanakah contoh dari kompetensi inti dan kompetensi dasar?

C. Tujuan

1.    Untuk mengetahui pengertian dari  kompetensi inti dan kompetensi dasar.
2.    Untuk mengetahui contoh dari kompetensi inti dan kompetensi dasar.


BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.
Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti. Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran.
Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antar mata pelajaran. Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat. 
Dalam mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar yang dikelompokkan menjadi empat bagian. Hal ini sesuai dengan rumusan kompetensi inti yang didukungnya, yaitu dalam kelompok kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
Uraian kompetensi dasar sedetil ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. 
Kompetensi dasar dalam kelompok kompetensi inti sikap bukanlah untuk peserta didik, tetapi sebagai pegangan bagi pendidik, bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut, ada pesan-pesan sosial dan spiritual yang terkandung dalam materinya. [1]
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.


B. Contoh Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


Gambar berikut ini adalah bentuk dari kombinasi antara kompetensi inti dan kompetensi dasar :

Kompetensi inti
Kompetensi dasar

1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

1.1 Berwudhu sebelum shalat
1.2 Melaksanakan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam
1.3 Berdo’a sebelum dan sesudah makan
1.4 Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.

2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

2.1 Menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.2  Menunjukkan perilaku hidup sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu
2.3  Menunjukkan sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW

3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah


3.1 Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
3.2 Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
3.3 Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
3.4 Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat
3.5 Mengenal makna kandungan Q.S. Al ‘Ashr
3.6 Mengenal tata cara shalat dan bacaannya
3.7 Mengenal do’a sebelum dan sesudah wudhu
3.8 Mengenal makna do’a sebelum dan sesudah makan
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth A.S
3.11 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.

4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

4.1 Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makhorijul huruf.
4.2  Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.3  Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas
4.4 Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan
4.5   Mempraktekkan wudhu dan do’anya  dengan tertib dan benar
4.6  Memperaktekkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
4.7 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh A.S
4.8 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth A.S
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq A.S
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW .



BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.
Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

B. Saran                                                  

Akhirnya selesailah makalah  saya yang membahas tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar. Sungguh, masih banyak kekurangan yang harus saya perbaiki dalam penyusunan makalah ini. Apabila terdapat kesalahan penulisan saya mohon maaf, kritik dan saran dari pembaca akan saya tunggu. Terimakasih.



DAFTAR PUSTAKA


Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kompetensi Dasardan Struktur Kurikulum SD-MI.
Blog Kang Guru. 2013. Pengertian Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013. http://smkplusqurrotaayungarut.blogspot.co.id/2013 /06/pengertian-kompetensi-inti-dan.html#.
Fachrul Rozie. 2016. Makalah kompetensi Inti dan Kompetensi dasar dan KKM. http://fachrulrozie83.blogspot.co.id/2016/01/makalah-kompetensi-inti-dan-kompetensi.html.




[1] M.Nawi Harahap. 2015. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Kurikulum 2013. https://www.kompasiana.com/mnawiharahap/kompetensi-inti-dan-kompetensi-dasar-dalam-kuriku lum-201355b86a3c92fdfd220738f918.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar