MAKALAH MANAJEMEN KELAS
RUANG LINGKUP MANAJEMEN KELAS
RUANG LINGKUP MANAJEMEN KELAS
DOSEN PEMBIMBING
Refika, M.Pd.I
Refika, M.Pd.I
HAYATUN SAKINAH
NIMKO : 1216.15.1369
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEKANBARU
2017
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan masalah
C. Tujuan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Manajemen Kelas
B. Ruang Lingkup
Manajemen Kelas
C. Tujuan Manajemen Kelas
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana dengan Taufiq dan Hidayah
serta Inayah-Nya,saya dapat
menyelesaikan makalah sederhana ini.
Semoga
shalawat dan salam senantiasa
dilimpahkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw dan seluruh keluarganya, para
sahabat,tabi’in,dan tabi’it-tabi’in, serta para pengikut setia Beliau hingga
akhir zaman.
Makalah
ini membahas tentang “Ruang Lingkup Manajemen Kelas” yang dirangkum dari
beberapa sumber, dengan maksud agar memudahkan Mahasiswa dalam mempelajari
materi perkuliahan.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini, bisa dijadikan sebagai pelajaran dan bermanfaat
untuk kita semua, amin.
Pekanbaru, 9 Februari 2017
Hayatun Sakinah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manajemen kelas merupakan aspek
pendidikan yang sering dijadikan perhatian utama oleh para calon guru, guru
baru, dan bahkan guru yang telah berpengalaman. Karena calon guru, guru baru,
dan guru yang telah berpengalaman berkeinginan agar para peserta didik dapat
belajar dengan optimal. Dalam artian guru mampu menyampaikan bahan pelajaran
dan dapat diterima oleh peserta didik dengan baik.
Dalam kelas segala aspek pembelajaran
bertemu dan berproses, guru dengan segala kemampuannya, murid dengan segala
latar belakang dan potensinya, kurikulum dengan segala komponennya, metode
dengan segala pendekatannya, media dengan segala perangkatnya, materi dengan
segala sumber belajarnya bertemu dan berinteraksi di dalam kelas. Sementara
itu, hasil pembelajaran ditentukan pula segala sesuatu yang terjadi di
kelas. Oleh karena itu, selayaknyalah kelas dimanajemeni secara baik,
profesional, dan berkelanjutan. Untuk sampai pada tujuan yang dimaksud terlebih
dahulu diperlukan pemahaman akan hal-hal umum. Dalam makalah ini akan dibahas
tentang pengertian manajemen kelas dan ruang lingkup manajemen kelas.
B. Rumusan masalah
1.
Apa pengertian dari manajemen
kelas?
2. Bagaimana dengan ruang lingkup
manajemen kelas?
3. Apa tujuan manajemen kelas?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian manajemen kelas.
2. Untuk mengetahui ruang lingkup
manajemen kelas.
3. Untuk mengetahui tujuan manajemen
kelas.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Manajemen Kelas
Kata manajemen berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata manus yang berarti tangan dan agree berarti melakukan. Kata-kata itu
digabung menjadi kata kerja manager
yang artinya menangani. Managere
diterjemahkan ke dalam bahasa Inggeris dalam bentuk kata kerja to manage, dengan kata benda management, dan manager untuk melakukan
kegiatan manajemen. Akhirnya, management
diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi manajemen atau pengelolaan
(Usman, 2004).[1]
Pengertian umum mengenai kelas, yaitu sekelompok siswa pada waktu
yang sama menerima pelajaran yang sama dari guru yang sama pula.
Pengertian manajemen kelas dari beberapa pakar antara lain, menurut Edmund,
Emmer dan Caroly Evertson yang dikutip oleh Sri Esti Wuryani Djiwandoko bahwa
pengelolaan kelas sebagai berikut:
1. Tingkah laku
guru yang dapat menghasilkan prestasi siswayang tinggi karena keterlibatan
siswa di kelas.
2. Tingkah laku
siswa yang tidak banyak mengganggu kegiatan guru atau siswa yang lain.
3. Menggunakan
waktu belajar yang efisien. [2]
Manajemen
kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang
kondusif dan mengendalikannya jika terjadi gangguan dalam pembelajaran (Mulyasa
2006:91). Ditambahkan lagi oleh Nawawi (dalam Djamarah 2006:177)
”Manajemen atau manajemen kelas dapat diartikan sebagai kemampuan guru dalam
mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya
pada setiap personal untuk melakukan kegitan-kegiatan yang kreatif dan
terarah”. Arikunto (dalam Djamarah 2006:177) juga berpendapat bahwa manajemen
kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar
atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat
terlaksana kegiatan belajar yang seperti diharapkan”. [3]
Berdasarkan
pendapat para ahli diatas maka dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas
merupakan usaha sadar untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara
sistematis yang mengarah pada penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan
ruang belajar, mewujudkan situasi atau kondisi proses belajar mengajar berjalan
dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai.
B. Ruang Lingkup Manajemen Kelas
1. Manajemen kurikulum
Kurikulum adalah suatu cakupan kerja
yang dugunakan oleh seorang guru sebagai pedoman yang akan dicapai didalam
proses belajar mengajar. Jadi manajemen kurikulumadalah sebuah
perencanaan atau pengarahan untuk menyelesaikan kurukulum tersebut.
2.
Manajemen peserta didik
Peserta didik adalah anggota
masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran
yang tersedia baik dari jalur jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Jadi,
manajemen peserta didik adalah suatu proses kegiatan yang rencanakan dan
diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu terhadap seluruh
peserta didik (dalam lembaga pendidikan yang bersangkutan) agar dapat mengikuti
PBM dengan efektif dan efesien , UUSPN (2003 )
3.
Kegiatan akademik dikategorikan sebagai kegiatan PBM
(teaching), diantaranya membuat persiapan sebelum mengajar, melaksanakan
pengajaran yang telah dipersiapkan, damn menilai sejauh mana pelajaran yang
sudah disajikan itu berhasil dan dikuasai peserta didik.
4.
Kegiatan administratif dikategorikan sebagai kegiatan
"non teaching" sebagai kondisi-kondisi yang perlu diperhatikan guru
bagi kelancaran mengajarnya seperti kegiatan-kegiatan procedural, dan kegiatan
organisasional.
Manajemen kelas memiliki ruang
lingkup yang dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu :
1.
Fisik, pengelolaan kelas yang memfokuskan pada hal-hal yang
bersifat fisik mencakup pengaturan siswa dalam belajar, ruang belajar, dan
perabot kelas.
2.
Non fisik pengelolaan kelas yang memfokuskan pada aspek
interaksi siswa dengan siswa lainnya, siswa dengan guru dan lingkungan kelas
atau sekolahnya sebelum, selama, dan setelah pembelajaran. Atas dasar ini aspek
psikologis, social, dan hubungan interpersonal perlu diperhatikan. Imam
gunawan (2009).
[4]
Ruang lingkup manajemen kelas menurut Johanna
Kasin Lemlech adalah sebagai berikut:
1.
Perencanaan kurikulum yang lengkap mulai dari
rumusan tujuannya, bahan ajarannya, sampai pada evaluasinya. Tanpa perencanaan,
usaha penataan kelas tidak sebaik yang diharapkan.
2.
Pengorganisasian proses belajar-mengajar dan
sumber belajar sehingga serasi dan bermakna kegiatan guru dan murid diatur,
sehingga terjadi interaksi yang responsive. Penataan sumber belajar akan
selalu berkaitan dengan pengorganisasian proses belajar mengajar.
3.
Penataan lingkungan yang bernafaskan pokok
bahasan menjadi usaha guru dalam menata kelas agar kelas merangsang dan penuh
dorongan untuk memunculkan proses belajar yang efektif dan efisien.
Sedangkan
menurut Udin Saifuddin, bahwa ruang lingkup manajemen kelas terdiri atas
kegiatan akademik berupa perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,
dan penilaian pembelajaran. Selain itu juga berupa kegiatan administratif yang
mencakup kegiatan procedural dan organisasional, seperti penataan
ruangan, pengelompokan siswa dan tugas, penegakan disiplin kelas, pengadaan tes
dan menilainya, iklim kelas yang favourable, pengorganisasian kelas,
penataan kelas dan pelaporan.
[5]
C. Tujuan Manajemen Kelas
Tujuan
manajemen Kelas pada hakekatnya sudah terkandung pada tujuan pendidikan
secara umum. Menurut Sudirman (2000), tujuan manajemen kelas adalah penyediaan
fasilitas bagi macam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial,
emosional, dan intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu
memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang
memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional, dan
sikap serta apresiasi pada siswa.
Suharsimi
Arikunto,(2004), berpendapat bahwa tujuan manajemen kelas adalah
agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai
tujuan pengajaran secara efektif dan efisien. Untuk lebih jelasnya Arikuno
menguraikan rincian tujuan Manajemen Kelas, sebagaimana berikut
ini.
1.
Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai
lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta
didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
2.
Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi
terwujudnya interaksi pembelajaran.
3.
Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar
yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan siaoal,
emosional dan intelek siswa dalam belajar.
4.
Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang
sosial, ekonomi,budaya,serta sifat-sifat individunya.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan
Manajemen kelas merupakan usaha sadar
untuk mengatur kegiatan proses belajar mengajar secara sistematis yang mengarah
pada penyiapan sarana dan alat peraga, pengaturan ruang belajar, mewujudkan
situasi atau kondisi proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan tujuan
kurikuler dapat tercapai.
Menurut Udin
Saifuddin, ruang lingkup manajemen kelas terdiri atas kegiatan akademik berupa
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
Selain itu juga berupa kegiatan administratif yang mencakup kegiatan procedural
dan organisasional, seperti penataan ruangan, pengelompokan siswa dan
tugas, penegakan disiplin kelas, pengadaan tes dan menilainya, iklim kelas yang
favourable, pengorganisasian kelas, penataan kelas dan pelaporan.
B. Saran
Akhirnya selesailah
makalah saya yang membahas tentang ruang
lingkup manajemen kelas. Sungguh, masih banyak kekurangan yang harus saya
perbaiki dalam penyusunan makalah ini. Apabila terdapat kesalahan penulisan
saya mohon maaf, kritik dan saran dari pembaca akan saya tunggu. Terimakasih.
DAFTAR PUSTAKA
Husni
El Hilali. 2012. PENTINGNYA PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN. Edu-Bio.Vol.
3.
Sri Esti Wuryani Djiwandoko.2006.
Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT Gramedia.
Muliani.2011.Manajemen
Kelas. http://perencenaan.blogspot.co.id/.
Wahib
dariyadi. Ruang Lingkup dan Aspek-aspek Manajemen Kelas.http:// tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7685-ruang-lingkup-dan-aspek-aspek-ma
najemen -kelas.html.
http://fitadwiindriyani.blogspot.co.id/2014/03/makalah-pengertian-dan-tujuan-mana
jemen.html.
[1]http://fitadwiindriyani.blogspot.co.id/2014/03/makalah-pengertian-dan-tujuan-mana
jemen.html.
[2]Sri Esti Wuryani Djiwandoko.2006. Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT
Gramedia. Hlm. 264.
[3]Husni El
Hilali. 2012. PENTINGNYA PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN. Edu-Bio.Vol.
3. Hlm. 103
[4]Muliani.2011.Manajemen Kelas.
http://perencenaan.blogspot.co.id/.
[5]Wahib dariyadi. Ruang Lingkup dan Aspek-aspek Manajemen Kelas.http://
tulisanterkini.com/artikel/artikel-ilmiah/7685-ruang-lingkup-dan-aspek-aspek-manajemen
-kelas.html.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar