RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : MTs AT-TAUFIQ
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Materi Pokok
: Sholat Berjama`ah
Alokasi Waktu : 40 Menit
A.
KOMPETENSI INTI
KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai
agama yang dianutnya.
KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangga.
KI 3: Memahami pengetahuan factual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4: Menyajikan pengetahuan factual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
1. Membiasakan sholat
berjama`ah dalam sholat lima waktu
C.
INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan pengertian makmum masbuk
2.
Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
3.
Menjelaskan tata cara sholat makmum masbuk
4.
Menjelaskan cara mengingatkan imam
yang lupa
5.
Menjelaskan adab sholat berjama`ah
6.
Memperaktekkan sholat berjama`ah
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dapat menjelaskan pengertian makmum masbuk.
2.
Mampu menjelaskan ketentuan makmum masbuk.
3.
Dapat menjelaskan tata cara sholat makmum masbuk.
4.
Dapat menjelaskan cara mengingtkan imam yang lupa.
5.
Dapat menjelaskan adab sholat berjama`ah.
6.
Mampu memperaktekkan sholat berjama`ah.
E.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Metode :
Ceramah bervariasi (demonstrasi, diskusi, tanya jawab)
2.
Strategi Pembelajaran : Ekspositori
F.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan
|
5’
|
Ceramah bervariasi
|
|
a.
b.
c.
|
Guru memberi salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
Berdoa
sebelum pelajaran dimulai
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi.
|
|||
2
|
Kegiatan Inti :
|
25’
|
Ceramah bervariasi
Demonstrasi
|
|
a.
|
Eksplorasi
Guru menyampaikan
materi
|
|||
b.
|
Elaborasi
1.
Menunjuk beberapa siswa untuk maju ke depan kelas.
2.
Siswa memperaktekkan tata cara sholat makmum yang
masbuk.
3.
Siswa yang lain memperhatikan.
|
|||
c.
|
Konfirmasi
- Guru melakukan
evaluasi proses terhadap kegiatan
Pembelajaran siswa
- Guru menjawab
pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan dan memberi motivasi pada siswa
yang belum aktif
|
|||
3
|
Penutup
|
10’
|
Ceramah
|
|
a.
|
Guru membimbing siswa untuk membuat
rangkuman dari materi yang telah dibahas
|
|||
b.
|
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
G.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku Ajar Fiqih kelas VII
H.
MEDIA PEMBELAJARAN
1.
White board
2.
Infocus
J. PENILAIAN
Indikator
Penilaian
|
TeknikPenilaian
|
BentukInstrumen
|
Instrumen
|
1. Menjelaskan pengertian makmum masbuk.
2. Menjelaskan ketentuan makmum masbuk.
3. Menjelaskan tata cara sholat makmum yang masbuk.
4. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa.
5. Menjelaskan adab sholat berjama`ah.
6. Memperaktekkan tata cara sholat
berjama`ah
|
Tes lisan
|
Soal uraian
|
Terlampir
|
Instrumen
1.
Sebutkan pengertian dari makmum masbuk!
2.
Sebutkan ketentuan bagi makmum yang masbuk!
3.
Jelaskan tata cara sholat makmum yang masbuk!
4.
Sebutkan cara mengingatkan imam yang lupa!
5.
Jelaskan 3 adab sholat berjama`ah bagi imam!
6.
Peraktekkan tata cara sholat berjama`ah yang benar!
Skor Penilaian
: Skor perolehan x 100%
Skor Maksimal
Pekanbaru,
20 April
2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
Nassyrudin S.Pd Wirdatul Fitri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar