RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NAMA MADRASAH : MTS DINIYAH PUTRI PEKANBARU
MATA PELAJARAN : FIQIH
KELAS : VIII
SEMESTER : 2
TAHUN : 2017/2018
A.KOMPETENSI INTI
a) Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
b) Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai) sntun, responsive dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
c) Memahami, menerapkan, dan
menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
d) Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Memahami tata cara dan
melaksanakan shalat jum’at.
1.2 Mempraktekkan khutbah shalat
jum’at.
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
a)
Menjelaskan tata cara dan melaksanakan shalat jum’at.
b)
Mempraktekkan khutbah shalat jum’at.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
a)
Mampu menjelaskan tata cara dan
melaksanakan shalat jum’at.
b)
Mampu mempraktekkan
khutbah shalat jum’at.
E. MATERI BELAJAR
Shalat Jum’at
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Metode :
Ceramah, tanya jawab,
demonstrasi/praktek
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan
|
10’
|
Ceramah
bervariasi
|
|
|
a.
Guru memberi salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
b.
Berdoa sebelum pelajaran dimulai
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini
|
|||
2
|
Kegiatan Inti :
|
60’
|
Ceramah,
tanya jawab, praktek
|
|
a
|
Eksplorasi
Guru mengingatkan pembelajaran yang lalu serta membantu
siswa apabila mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan
|
|||
b.
|
Elaborasi
1.
Guru menyuruh siswa yang laki-laki
untuk melaksanakan khutbah shalat jum’at.
|
|||
c.
|
Konfirmasi
- Guru melakukan evaluasi proses terhadap kegiatan
Pembelajaran siswa
- Guru menjawab pertanyaan siswa yang mengalami kesulitan dan memberi motivasi pada siswa yang belum aktif
|
|||
3
|
Penutup
|
10’
|
Ceramah
|
|
a.
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
H. SUMBER BELAJAR
1. Buku Ajar Fiqih
2. Buku-buku lain yang relevan
I. MEDIA PEMBELAJARAN
1. White board
2. infocus
J. PENILAIAN
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1.
Menyebutkan syarat dua khotbah pada shalat jum’at
2.
Menjelaskan pengertian uzur shalat jum’at
|
Tes lisan
|
Soal uraian
|
Terlampir
|
Instrumen
1.
Sebutkan syarat
dua khotbah pada shalat jum’at!
2.
Jelaskan pengertian
uzur shalat jum’at!
Skor Penilaian : Skor perolehan
x 100%
Skor Maksimal
Kunci Jawaban
No
|
Jawaban
|
Skor Nilai
|
1.
|
Kedua khotbah pada shalat jum’at
dimulai sesudah tergelincirnya matahari, khotbah dilakukan dengan berdiri
jika mampu, khatib melakukan duduk diantara kedua khotbah, khotbah dilakukan
dengan susra yang keras, khotbah dilakukan secara berturut-turut, khatib
dalam keadaan suci dari hadas dan najis, khatib menutup auratnya.
|
6
|
2.
|
Uzur shalat jum’at adalah suatu
keadaan yang menyebabkan seorang terhalang untuk pergi shalat jum’at.
|
6
|
Pekanbaru, 22
april 2018
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Bidang Studi
Ririn Pratiwi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar