Jumat, 22 Maret 2019

RPP Al-qur'an Hadist kelas VII Penerapan Hukum Tajwid


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                   : MTs Bustanul Ulum Pekanbaru
Mata Pelajaran                  : Al-Qur’an dan Hadist
Pokok Bahasan                 : Penerapan Hukum Tajwid
Kelas/Semester                  : VII / I
Alokasi Waktu                  : 2 x 40 Menit

I.                   Standar Kompetensi
Menerapkan hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an

II.                Kompetensi Dasar
a)    Memahami hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
b)   Memperaktekkan bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an

III.             Indikator Kompetensi
a)    Siswa dapat memahami hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
b)   Siswa dapat menjelaskan hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
c)    Siswa dapat menentukan  hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
d)   Siswa dapat mempraktekkan  hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
e)    Siswa semangat dalam pembelajaran hukum tajwid

IV.             Metode  Pembelajaran.
a)    Metode ceramah.
b)   Metode Tanya jawab
c)    Metode Demonstrasi (peragaan)
d)   Metode Diskusi



V.                Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pendahuluan
a)    Membuka pelajaran dengan salam
b)   Mengabsen dan memotivasi siswa
c)    Apresiasi
d)   Menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan pada mata pelajaran. 
e)    Menyampaikan Indikator pembelajaran.
Kegiatan Inti :
a)      Guru menjelaskan hukum tajwid Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
b)      Guru mempraktekkan cara membaca Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
c)      Guru memberi pertanyaan kepada siswa
d)     Guru menyuruh siswa dalam praktek cara membaca Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
e)      Guru membagi siswa beberapa kelompok
f)       Guru memberikan latihan pada setiap kelompok
Penutup :
a)      Guru dan murid menyimpulkan materi tentang hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
b)      Guru menyampaikan topik materi yang akan dipelajari pada pertemuan akan datang  .

VI.             Alat/ Sumber belajar
a)      Al Qur’an dan hadis
b)      Juz ‘Amma
c)      Buku Tajwid

VII.          Penilaian.
a)      Lisan
b)      Praktek
       Pekanbaru , 4 April 2017      
      

                         ( HayatunSakinah ) 


Tidak ada komentar: