RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
MTs Bustanul Ulum Pekanbaru
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an dan Hadist
Pokok
Bahasan : Penerapan Hukum
Tajwid
Kelas/Semester : VII / I
Alokasi
Waktu : 2 x 40 Menit
I.
Standar Kompetensi
Menerapkan
hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
II.
Kompetensi Dasar
a)
Memahami hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid
Lis-sukun dalam Al-qur’an
b)
Memperaktekkan bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam
Al-qur’an
III.
Indikator Kompetensi
a)
Siswa dapat memahami hukum bacaan Qolqolah dan
Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
b)
Siswa dapat menjelaskan hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
dalam Al-qur’an
c)
Siswa dapat menentukan hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
dalam Al-qur’an
d)
Siswa dapat mempraktekkan
hukum
bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun dalam Al-qur’an
e)
Siswa semangat dalam pembelajaran hukum
tajwid
IV.
Metode
Pembelajaran.
a)
Metode ceramah.
b)
Metode Tanya jawab
c)
Metode Demonstrasi (peragaan)
d)
Metode Diskusi
V.
Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pendahuluan
a)
Membuka pelajaran dengan salam
b)
Mengabsen dan memotivasi siswa
c)
Apresiasi
d)
Menginformasikan kegiatan yang akan dilakukan
pada mata pelajaran.
e)
Menyampaikan Indikator pembelajaran.
Kegiatan
Inti :
a)
Guru menjelaskan hukum
tajwid Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
b)
Guru mempraktekkan cara membaca Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
c)
Guru memberi pertanyaan kepada siswa
d)
Guru menyuruh siswa dalam praktek cara membaca Qolqolah dan Mad Arid
Lis-sukun
e)
Guru membagi siswa beberapa kelompok
f)
Guru memberikan latihan pada setiap kelompok
Penutup
:
a)
Guru dan murid menyimpulkan materi tentang hukum bacaan Qolqolah dan Mad Arid Lis-sukun
dalam Al-qur’an
b)
Guru menyampaikan topik materi yang akan dipelajari pada
pertemuan akan datang .
VI.
Alat/ Sumber belajar
a)
Al Qur’an dan hadis
b)
Juz ‘Amma
c)
Buku Tajwid
VII.
Penilaian.
a)
Lisan
b)
Praktek
Pekanbaru , 4 April 2017
( HayatunSakinah
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar