RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SMP 39 Pekanbaru
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Agama Islam
KELAS/SEMESTER : VII/Ganjil
MATERI : Shalat
Berjamaah
TAHUN :
2018/2019
A. KOMPETENSI INTI
a.
Membiasakan
shalat berjamaah dalam setiap shalat lima waktu.
B. KOMPETENSI DASAR
- Menjelaskan
ketentuan-ketentuan shalat berjamaah
- Mempraktekkan
saf dalam shalat berjamaah
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
a.
Menjelaskan
pengertian shalat berjamaah dan dalilnya.
b.
Menjelaskan
hukum shalat berjamaah.
c.
Menjelaskan
syarat imam dan makmum.
d.
Menjelaskan tata
cara membuat shaf dalam shalat berjamaah.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan
1:
- Siswa
mampu Membiasakan shalat berjamaah dalam setiap shalat lima waktu.
E. MATERI BELAJAR
Shalat
berjamaah
F. METODE
PEMBELAJARAN
1. Strategi :
ekspositori, quantum
learning
2. Metode Pembelajaran : ceramah, demonstrasi, tanya jawab.
G. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Guru memberi
salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
b. Berdoa sebelum pelajaran dimulai dan mengabsen
c.
Apersepsi : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
dari materi ini, guru bertanya materi yang sudah diajarkan dan memberi reword kepada siswa
yang bisa menjawab
|
10
|
Ceramah, tanya jawab
|
|
2
|
KegiatanInti :
a.
Guru menjelaskan pokok materi
b. Siswa secara
bergantian membaca
materi
c.
Siswa menonton vidio tentang saf dalam shalat berjamaah
d. Siswa
mempraktikkan tata cara membuat saf dalam sholat berjamaah.
e.
Guru melakukan tanya jawab perkelompok diberi point.
|
25
|
ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
|
|
3
|
Penutup
|
5
|
Ceramah,
|
|
a.
|
Guru menyampaikan materi ajar untuk pertemuan berikutnya
|
|||
b.
|
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
H. SUMBER BELAJAR
a. Buku Ajar pendidikan agama islam
b. Buku-buku lain yang relevan
c. Youtube
I. MEDIA
PEMBELAJARAN
a.
White board
b. infokus
J. PENILAIAN
a. Penilaian diambil ketika proses
tanya jawab
Pekanbaru, 23 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Bidang
Studi
Hayatun Sakinah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar