Jumat, 22 Maret 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Shalat Berjama'ah


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH               : SMP 39 Pekanbaru
MATA PELAJARAN             : Pendidikan Agama Islam
KELAS/SEMESTER             : VII/Ganjil
MATERI                                 : Shalat Berjamaah
TAHUN                                  : 2018/2019

A. KOMPETENSI INTI
a.    Membiasakan shalat berjamaah dalam setiap shalat lima waktu.
B. KOMPETENSI DASAR
  1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat berjamaah
  2. Mempraktekkan saf dalam shalat berjamaah
C. INDIKATOR PEMBELAJARAN
a.    Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dalilnya.
b.    Menjelaskan hukum shalat berjamaah.
c.    Menjelaskan syarat imam dan makmum.
d.   Menjelaskan tata cara membuat shaf dalam shalat berjamaah.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Pertemuan 1:
  1. Siswa mampu Membiasakan shalat berjamaah dalam setiap shalat lima waktu.
E. MATERI BELAJAR
     Shalat berjamaah


F.  METODE PEMBELAJARAN
     1.  Strategi                          : ekspositori, quantum learning
     2.  Metode Pembelajaran    : ceramah, demonstrasi, tanya jawab.

GLANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Pendahuluan :
a.        Guru memberi salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
b.       Berdoa sebelum pelajaran dimulai dan mengabsen
c.        Apersepsi  : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi ini, guru bertanya materi yang sudah diajarkan dan memberi reword kepada siswa yang bisa menjawab
10
Ceramah, tanya jawab
2
KegiatanInti :
a.        Guru menjelaskan pokok materi
b.       Siswa secara bergantian membaca materi
c.        Siswa menonton vidio tentang saf dalam shalat berjamaah
d.       Siswa mempraktikkan tata cara membuat saf dalam sholat berjamaah.
e.        Guru melakukan tanya jawab perkelompok diberi point.
25
ceramah, demonstrasi dan tanya jawab
3
Penutup
5
Ceramah,
a.
Guru menyampaikan materi ajar untuk pertemuan berikutnya
b.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

H. SUMBER BELAJAR                                                                                           
     a.  Buku Ajar pendidikan agama islam
     b.  Buku-buku lain yang relevan
c.  Youtube


I.  MEDIA PEMBELAJARAN
     a. White board
b. infokus
J.  PENILAIAN
a. Penilaian diambil ketika proses tanya jawab


Pekanbaru, 23 Maret  2018

Mengetahui,                                                                                       
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Bidang Studi


                                                                                                              Hayatun Sakinah





Tidak ada komentar:

Posting Komentar