RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
SMP 39 Pekanbaru
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Agama Islam
KELAS/SEMESTER :
VII/Ganjil
MATERI : Beriman
Kepada Malaikat
TAHUN :
2018/2019
A. KOMPETENSI INTI
a.
KI-1 :
Menghayati dan meyakini sifat dan keberadaan Malaikat sebagai utusan Allah
ditugaskan untuk mengawasi setiap perilaku manusia
b.
KI-2 : Meneladani
ketaatan Malaikat
c.
KI-3 : Memahami
secara konseptual makna iman kepada Malaikat beserta nama dan
tugas- tugasnya
d.
KI-4 :
Merealisasikan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Malaikat dalam
kehidupan sehari-hari
B. KOMPETENSI DASAR
Memahami
makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap
dirinya dan alam sekitar
C. INDIKATOR
PEMBELAJARAN
a.
Siswa dapat
menjelaskan makna beriman kepada Malaikat
b.
Siswa dapat
mengetahui sifat Malaikat
c.
Siswa dapat
meyakini keberadaan Malaikat
d.
Siswa dapat
menunjukan sikap yang mencerminkan keimanan kepada Malaikat
e. Siswa
dapat menghafal dan menyebutkan
nama-nama dan tugas-tugas Malaikat
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
- Siswa mampu menjelaskan makna
beriman kepada Malaikat
- Siswa dapat mengetahui
sifat-sifat Malaikat dan meyakini keberadaannya
- Siswa dapat menghafal dan menyebutkan
nama-nama dan tugas-tugas Malaikat
E. MATERI BELAJAR
Iman Kepada Malaikat
F. METODE PEMBELAJARAN
1. Strategi : Kooperatif ( kelompok), Quantum Learning
2. Metode Pembelajaran : ceramah, cooperative script,diskusi, tanya jawab.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
|
1
|
Pendahuluan :
a.
Guru memberi
salam dan memeriksa kebersihan ruang belajar
b. Berdoa sebelum pelajaran dimulai dan mengabsen
c.
Apersepsi : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari
materi ini, guru dan
siswa membaca surah Al-Qadr
|
10
|
Ceramah
|
|
2
|
KegiatanInti :
a.
Guru menjelaskan pokok materi
b. Siswa
dibentuk kelompok ( satu kelompok terdiri dari dua orang ), setiap kelompok
diberi materi
c.
Siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan untuk
menyampaikan materi yang telah dibahasnya didalam kelompok.
d. guru memperlihatkan satu vidio yang berhubungan dengan
beriman kepada malaikat.
e.
Guru melakukan tanya jawab seputar materi yang sudah
disampaikan setiap kelompok.
f.
Guru memberi waktu kepada siswa untuk menghafal nama dan
tugas malaikat sebelum jam istirahat.
|
25
|
cooperative script ,diskusi, dan tanya jawab
|
|
3
|
Penutup
|
5
|
Ceramah,
|
|
a.
|
Guru menyampaikan materi
ajar untuk pertemuan berikutnya
|
|||
b.
|
Guru
melakukan tanya jawab kepada siswa tentang nama dan tugas malaikat.( yang bisa menjawab,
boleh keluar untuk beristirahat)
|
H. SUMBER BELAJAR
a. Buku Ajar pendidikan agama islam
b. Buku-buku lain yang relevan
c. Youtube
I. MEDIA PEMBELAJARAN
a. White board
b. infokus
J. PENILAIAN
a. Penilaian diambil ketika proses tanya jawab
b. Penilaian diambil dari kelancaran hafalan
Pekanbaru,
23 Maret 2018
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Bidang
Studi
Hayatun Sakinah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar