Jumat, 22 Maret 2019

MAKALAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM


MAKALAH 
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM
 

DOSEN PEMBIMBING
IRWANDI, ME
                                               DISUSUN OLEH:
                                           HAYATUN SAKINAH
                                          NIMKO  : 1216.15.1369




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEKANBARU
2017

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.. 3
BAB I. 4
PENDAHULUAN.. 4
A. Latar Belakang. 4
B. Rumusan masalah. 4
C. Tujuan. 4
BAB II. 5
PEMBAHASAN.. 5
A. Pengertian Pendidikan dan Pendidikan Islam.. 5
B. Persamaan dan Perbedaan Pendidikan dan Pendidikan Islam.. 6
C. Ruang Lingkup Kajian Ilmu Pendidikan Islam.. 7
D. Alasan Pentingnya Mempelajari Pendidikan Islam.. 8
BAB III. 10
KESIMPULAN DAN SARAN.. 10
A. Kesimpulan. 10
B. Saran. 10
DAFTAR PUSTAKA.. 11





KATA PENGANTAR

Alhamdulillah Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana dengan Taufiq dan Hidayah serta Inayah-Nya,saya  dapat menyelesaikan makalah  sederhana  ini.
Semoga shalawat dan  salam senantiasa dilimpahkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw dan seluruh keluarganya, para sahabat,tabi’in,dan tabi’it-tabi’in, serta para pengikut setia Beliau hingga akhir zaman.
Makalah ini membahas tentang “Pengertian Pendidikan Islam” yang dirangkum dari beberapa sumber, dengan maksud agar memudahkan Mahasiswa dalam mempelajari materi perkuliahan.
Semoga dengan tersusunnya makalah ini, bisa dijadikan sebagai pelajaran dan bermanfaat untuk kita semua, amin.


   Pekanbaru, 6 Oktober 2017
        Hayatun Sakinah





BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Filsafat dibutuhkan manusia dalam upaya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam berbagai lapangan kehidupan. Jawaban itu merupakan hasil pemikiran yang sistematis, integral, menyeluruh, dan mendasar. Jawaban seperti itu digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk pendidikan.
Filsafat dapat dikatakan sebagai usaha untuk memahami atau mengerti semesta dalam hal makna (hakikat) dan nilai-nilainya (esensi) yang tidak cukup dijangkau hanya dengan panca indera manusia sekalipun. Filsafat berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa yang merupakan tujuan hidupnya.
Adapun dalam makalah ini akan dibahas tentang  pengertian pendidikan, pendidikan islam,persamaan dan perbedaannya, ruang lingkupnya serta alasan pentingnya mempelajari pendidikan islam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak makalah berikut.

B. Rumusan masalah

1.    Apa pengertian dari  pendidikan dan pendidikan islam?
2.    Apa persamaan dan perbedaan pendidikan dan pendidikan islam?
3.    Apa saja ruang lingkup kajian ilmu pendidikan islam?
4.    Apa alasan pentingnya mempelajari pendidikan islam?

C. Tujuan

1.    Untuk mengetahui pengertian dari  pendidikan dan pendidikan islam.
2.    Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pendidikan dan pendidikan islam.
3.    Untuk mengetahui ruang lingkup kajian pendidikan islam.
4.    Untuk mengetahui alasan pentingnya mempelajari pendidikan islam.


BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Pendidikan dan Pendidikan Islam

Dalam arti sederhana pendidikan sering daiartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiaannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan.[1]
Dalam SK Mendiknas No.008-E/U/1975 disebutkan bahwa Pendidikan Umum ialah pendidikan yang bersifat umum, yang wajib diikuti oleh semua siswa dan mencakup program Pendidikan Moral Pancasila yang berfungsi bagi pembinaan warga negara yang baik.
Kesimpulan bahwa Pendidikan Umum merupakan program pendidikan yang mengembangkan keseluruhan kepribadian siswa dan mahasiswa agar setiap dalam berpikir ilmiah dan mengelola emosi dilandasi etika dan moral yang berfungsi membina siswa dan mahasiswa menjadi warga Negara yang baik .
Pendidikan islam adalah suatau sistem kependidikan yang mecakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah. [2]  Oleh karena islam mempedomani seluruh aspek kehidupan manusia muslim baik duniawi atau ukhrowi.
Menurut Musthafa Al-Ghulayani, pendidikan islam adalah menanamkan akhlak yang mulia didalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya dan menyiraminya dengan air petunjuk dan nasehat sehingga akhlak itu manjadi salah satu kemampuan (meresap dalam) jiwanya kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja untuk kemanfaatan tanah air.
Jadi, pendidikan islam ialah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadia muslim.

B. Persamaan dan Perbedaan Pendidikan dan Pendidikan Islam

Sebenarnya pendidikan dan pendidikan islam tidak jauh berbeda, dilihat dari pengertiannya. Beda dengan pendidikan yang ada di barat, dimana  Pengertian Pendidikan Barat. Seperti yang ditulis sebelumnya bahwa tujuan pendidikan itu tidak bisa lepas dari tujuan hidup manusia. Pada tujuan hidup itulah yang membedakan antara pendidikan dan pendidikan islam.
Orang-orang Sparta salah satu kerajaan Yunani lama dahulu berpendapat bahwa tujuan hidup adalah untuk berbakti kepada negara, untuk memperkuat Negara.
Sangat berbeda dengan pendidikan islam, Dimana Tujuan pendidikan Islam tidak terlepas dari tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi hamba Allah yang selalu bertakwa kepadaNya, dan dapat mencapai kehidupan yang berbahagia di dunia dan akhirat.
Dalam konteks sosiologi pribadi yang bertakwa menjadi rahmatan lil ‘alamin, baik dalam skala kecil maupun besar. Tujuan hidup manusia dalam Islam inilah yang dapat disebut juga sebagai tujuan akhir pendidikan Islam.
Menurut Abdul Fatah Jalal, tujuan umum pendidikan Islam ialah terwujudnya manusia sebagai hamba Allah. Jadi menurut Islam, pendidikan haruslah menjadikan seluruh manusia yang menghambakan kepada Allah. Yang dimaksud menghambakan diri ialah beribadah kepada Allah.
Perbedaan pendidikan dan pendidikan islam tidak jauh berbeda karena tujuan pendidikan itu tidak bisa lepas dari tujuan hidup manusia. Pendidikan islam adalah pendidikan yang seluruh aspek atau komponenya didasarkan pada ajaran islam yaitu  ditekankan pada pembentukan akhlak muslim untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.. Sedangkan pendidikan secara umum tidak semua didasarkan pada ajaran islam.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa :
1.    Pendidikan menurut pandangan islam lebih dominan kepada pembentukan akhlak, akidah dan iman. Sedangkan secara umum pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan pengembangan kemampuan yang dimiliki. Apabila kedua hal ini digabungkan maka hasil dari pendidikan akan sangat maksimal dan menghasilkan peserta didik yang memiliki intelektual dan akhlak yang mulia.
2.    Dasar pendidikan menurut islam fokus kepada Al-qur’an dan hadist sedang secara umum dasar pendidikan juga lebih menitik beratkan ke dasar religius.
3.    Tujuan Pendidikan baik secara islam dan umum hampir memiliki kesamaan yaitu mendapatkan kesuksesan. Apabila digabungkan maka tujuan pendidikan adalah upaya untuk meraih kesuksesan hidup di dunia dan akherat.

C. Ruang Lingkup Kajian Ilmu Pendidikan Islam

Ilmu Pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, karena didalamnya banyak pihak-pihak yang ikut terlibat baik secara langsung atau tidak langsung. Objek ilmu pendidikan islam ialah situasi pendidikan yang terdapat pada dunia pengalaman. Diantara objek atau segi ilmu pendidikan islam dalam situasi pendidikan islam:
1.    Perbuatan Mendidik sendiri
Sikap atau tindakan menuntun, membimbing,memberikan pertolongan dari seorang pendidik kepada anak didik untuk menuju ke tujuan pendidikan islam.
2.    Anak didik
Yaitu pihak yang merupakan objek terpenting dalam pendidikan. Hal ini disebabkan perbuatan atau tindakan mendidik itu diadakan atau dilakukan hanyalah untuk membawa anak didik ke arah tujuan pendidikan islam yang di cita-citakan.
3.    Dasar dan tujuan pendidikan islam
Yaitu landasan yang menjadi fondamen serta sumber dari segala kegiatan pendidikan islam ini dilakukan. Maksudnya pelaksanaan pendidikan islam yaitu arah kemana anak didik akan dibawa.
Secara umum, pendidikan Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (GBPP PAI, 1994).
Dimensi-dimensi kehidupan ideal Islam mengandung nilai yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup manusia di dunia untuk mengelola dan memanfaatkan dunia sebagai bekal kehidupan di akherat. [3]
4.    Pendidikan
Yaitu subjek yang melaksanakan pendidikan islam. Pendidik ini mempunyai peran penting karena berpengaruh kepada baik atau tidaknya hasil pendidikan islam.
5.    Materi pendidikan islam
Yaitu bahan – bahan atau pengalaman – pengalaman belajar ilmu agama islam yang disusun yang sedemikian rupa untuk disajikan kepada anak didik.
6.    Metode pendidikan islam
Ialah cara yang paling tepat dilakukan oleh pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan islam agar materi pendidikan islam tersebut dapat dengan mudah diterima oleh anak didik
7.    Evaluasi pendidikan
Yaitu memuat cara – cara bagaimana mengadakan evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
8.    Alat – alat pendidikan islam
Yaitu alat – alat yang dapat digunakan selama melaksanakan pendidikan islam agar tujuan pendidikan islam tersebut lebih berhasil.
9.    Lingkungan sekitar
Yang dimaksud ialah keadaan – keadaan yang ikut berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan islam.

D. Alasan Pentingnya Mempelajari Pendidikan Islam

Pendidikan merupakan kata kunci untuk setiap manusia agar ia mendapatkan ilmu. Hanya dengan pendidikanlah ilmu akan didapat dan diserap dengan baik. Pendidikan juga merupakan metode pendekatan yang sesuai dengan fitrah manusia yang memiliki fase tahapan dalam pertumbuhan.
Pendidikan Islam memiliki 3 tahapan kegiatan, yaitu: tilawah (membacakan ayat Allah), tazkiyah (mensucikan jiwa) dan ta’limul kitab wa sunnah (mengajarkan al kitab dan al hikmah). Pendidikan dapat merubah masyarakat jahiliyah menjadi umat terbaik disebabkan pendidikan mempunyai kelebihan. Pendidikan mempunyai ciri pembentukan pemahaman Islam yang utuh dan menyeluruh, pemeliharaan apa yang telah dipelajarinya, pengembangan atas ilmu yang diperolehnya dan agar tetap pada jalan syariah. Hasil dari pendidikan Islam akan membentuk jiwa yang tenang, akal yang cerdas dan fisik yang kuat serta banyak beramal.
Mengapa mempelajari pendidikan islam sangatlah penting? Karena dalam pendidikan islam telah mencakup seluruh aspek dalam kehidupan kita yang tertuang didalam al-qur’an dan hadis meliputi :
1.    Pembinaan Akhlak
2.    Penguasaan Ilmu (keseluruhan ilmu)
3.    Keterampilan bekerja dalam masyarakat
4.    Mengembangkan akal dan Akhlak
5.    Pengajaran Kebudayaan
6.    Pembentukan kepribadian
7.    Menghambakan diri kepada Allah
8.    Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat .



BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

Pendidikan Umum merupakan program pendidikan yang mengembangkan keseluruhan kepribadian siswa dan mahasiswa agar setiap dalam berpikir ilmiah dan mengelola emosi dilandasi etika dan moral yang berfungsi membina siswa dan mahasiswa menjadi warga Negara yang baik .
Pendidikan islam adalah suatau sistem kependidikan yang mecakup seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah. Oleh karena islam mempedomani seluruh aspek kehidupan manusia muslim baik duniawi atau ukhrowi.
Perbedaan pendidikan dan pendidikan islam tidak jauh berbeda karena tujuan pendidikan itu tidak bisa lepas dari tujuan hidup manusia. Pendidikan islam adalah pendidikan yang seluruh aspek atau komponenya didasarkan pada ajaran islam yaitu  ditekankan pada pembentukan akhlak muslim untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.. Sedangkan pendidikan secara umum tidak semua didasarkan pada ajaran islam.

B. Saran                                                  

Akhirnya selesailah makalah  saya yang membahas tentang pengertian pendidikan islam. Sungguh, masih banyak kekurangan yang harus saya perbaiki dalam penyusunan makalah ini. Apabila terdapat kesalahan penulisan saya mohon maaf, kritik dan saran dari pembaca akan saya tunggu. Terimakasih.



DAFTAR PUSTAKA


Abdul Mujib. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Nur Uhbiyati .1999. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : CV. Pustaka Setia.
Ajang Kreasi Belajar. Pendidikan Agama dan Pendidikan Umum. http://alleducationdiana.blogspot.co.id/2011/06/pendidkan-agama-dan-pendidikan-umum.html
Coretan Pena. Pendidikan dan Pendidikan Islam. http://sholihfikr.blogspot.co.id/
2014/03/pendidikan-dan-pendidikan-islam.html




[1]Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Hlm.1
[2]Nur Uhbiyati .1999. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : CV. Pustaka Setia. Hlm.13
[3]Abdul Mujib. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.Hlm. 70

Tidak ada komentar: