Jumat, 22 Maret 2019

LAPORAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA


LAPORAN INDIVIDU KULIAH KERJA NYATA
DI RW 04 PERUMAHAN BUKIT MUTIARA PERMAI 1 KELURAHAN MENTANGOR
 KECAMATAN TENAYAN RAYA
 PEKANBARU


Oleh:

                                               HAYATUN SAKINAH
                                              NIMKO : 1216.15.1369



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEKANBARU
1439 H/201
8 M

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH PEKANBARU
TAHUN AKADEMIK 2018
 DI LOKASI RW 04 PERUMAHAN BUKIT MUTIARA PERMAI 1 KELURAHAN MENTANGOR
 KECAMATAN TENAYAN RAYA
 PEKANBARU

 

                                                   HAYATUN SAKINAH
                                                    NIMKO : 1216.15.1369


 

Mentangor, 20 Mei 2018



Disetujui Oleh :                                     Mengetahui, 

Kelurahan Mentangor                                          Dosen Pembimbing

 


Bismi Hayati S.H                                                      Sukiyat M.Ag

KATA PENGANTAR


Alhamdulillahirobbil’alamin, rasa syukur yang sedalam-dalamnya kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehingga kami mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  kelompok V di RW 04 Kelurahan Mentangor dapat menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata selama kurang lebih 2 bulan.
Shalawat dan Salam kami hadiahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW dengan  ucapan “ Allahumma sholli ’ala sayyidina Muhammad wa’ala alihi sayyidina Muhammad. Assalamu’alaika ya Rasulullah.
Dengan berakhirnya program Kuliah Kerja Nyata , maka dengan ini kami menyampaikan laporan akhir kegiatan kami. Dalam laporan ini kami muat semua program yang kami jalankan dari tahap perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi dari kegiatan tersebut. Namun, perlu juga disadari bahwa dalam laporan ini kami tentunya terdapat kekurangan-kekurangan yang secara manusiawi tidak mampu kami elakkan, hal ini tentu menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya untuk terus menerus melakukan perbaikan.
Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menjalankan atau merealisasikan program. Dosen pembimbing, Ibu Lurah, Ketua RW , Pengurus masjid serta seluruh masyarakatyang telah membantu kami.
Akhirnya , untuk memperoleh perbaikan, kami mengharapkan masukan, saran dan nasehat yang mendukung,membangun dan semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak yang berkepentingan.
    
   Pekanbaru, 20 Mei 2018


        Hayatun Sakinah

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.. ii
A. LATAR BELAKANG.. 1
B. PERMASALAHAN.. 7
1.  IDENTIFIKASI MASALAH.. 7
2.  BATASAN MASALAH.. 8
3.  RUMUSAN MASALAH.. 8
C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN.. 8
D. KONSEP TEORI. 9
1.  DAKWAH SOSIAL MEDIA.. 10
2.  PERKEMBANGAN EMOSIONAL.. 24
E.KERANGKA BERFIKIR.. 32
F.PENELITIAN YANG RELEVAN.. 35
G.ASUMSI DAN HIPOTESIS. 37
1. Asumsi Penelitian. 37
2. Hipotesis Penelitian. 38
H. METODE PENELITIAN.. 39
I. TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN.. 41
J. SUBJEK DAN OBJEK.. 41
1. Subjek Penelitian. 41
2. Objek Penelitian. 41
K. POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN.. 42
1. Populasi Penelitian. 42
2. Sampel  Penelitian. 42
L. TEKNIK PENGUMPULAN DATA.. 43
M.TEKNIK ANALISA DATA.. 44
DAFTAR PUSTAKA.. 46


BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pendidikan merupakan suatu aktifitas yang sangat mulia bagi manusia, karena dengan pendidikan tersebut manusia dapat mengembangkan ilmu-ilmu yang telah dipelajarinya. Setiap manusia dianjurkan untuk menuntut ilmu, karena ilmu merupakan suatu hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap individu, guna menghadapi globalisasi tantangan zaman dan era informasi. 
Kota Pekanbaru merupakan daerah yang memiliki potensi besar dan harus terus dikembangkan. Untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut sangat dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, baik itu dari segi intekektual, emosional dan spiritual. Salah satu aspek yang dapat membentuk kualitas diri adalah dengan berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi aspek Pendidikan, Pengembangan dan Pengabdian masyarakat.
Aspek pendidikan tidak hanya berhenti pada bidang-bidang ilmu yang dipelajari saja namun lebih jauh untuk menyalurkan minat bakat dan potensi dalam diri mahasiswa yang terealisasi dalam unit-unit kegiatan yang ada dimasing-masing Perguruan Tinggi.
Selain itu dalam aspek pengembangan masyarakat, Mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan dan potensi-potensi yang dimilikinya pada masyarakat. Tujuan lain yang dapat dipetik yaitu menjadikan mahasiswa peka akan kebutuhan masyarakat dalam pengembangan diera globalisasi, untuk itu diperlukan persiapan yang matang guna untuk mampu bersaing. Adapun usaha untuk memwujudkan itu semua salah satunya melakukan kuliah kerja nyata (KuKerTa).
Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan intrakulikuler yang memberi kesempatan pada mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama masyarakat. Kuliah kerja nyata yang dilakukan oleh mahasiswa  bukan berarti mengajar masyarakat tentang sesuatu yang terbaik untuk mereka, tetapi mahasiswa melakukan tugas mendampingi terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, karna dari hal-hal yang seperti itulah mahasiswa belajar.
Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru, setiap tahunnya mengikut sertakan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan bermasyarakat. Partisipasi ini dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KuKerTa) angkatan ke XII tahun ini. Dengan keikutsertaan mahasiswa diharapkan dapat memperluas wawasan berpikir dan bertindak dalam memahami realitas yang berkembang ditengah masyarakat, sesuai dengan teori keilmuan yang dipelajari dibangku kuliah. Selain itu, kegiatan KuKerTa berupaya membawa mahasiswa untuk memahami kenyataaan-kenyataaan yang berkembang dalam masyarakat, menggunakan teori keilmuan yang dipelajarinya di bangku kuliah.
Kami mendapatkan Lokasi KuKerTa di RW 04 Perumahan Bukit Mutiara Permai 1 Kelurahan Mentangor Kecamamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Kelurahan ini tergolong kelurahan yang sudah maju karena letaknya tidak jauh dari pusat kota. Ditempat ini mahasiswa berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan masyarakat.
   Tujuan Kuliah Kerja Nyata
Adapun tujuan dilaksanakannya Program Kuliah Kerja Nyata adalah :
1.      Dengan KKN diharapkan agar calon-calon sarjana UIN SUSKA terlatih terampil sebagai motivator dan innovator pembangunan masyarakat.
2.      Untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan terutama di pedesaaan.
3.      Untuk memberikan penyuluhan pada masyarakat tentang penghayatan dan penglaman ajaran islam dalam rangka mencapai tujuan pembangunan nasional.
4.      Untuk mendekatkan jarak antara UIN SUSKA dengan masyarakat,  guna menysusun program pendidikan UIN SUSKA untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan nasional.
5.      Untuk membantu calon-calon sarjana mengembangkan pola fikir dalam rangka pemecahan problematika yang dihadapi masyarakat terutama di pedesaan.
6.      Mempersiapkan calon sarjana yang lebih menghayati dan memahami kompleksitas permasalahan yang langsung dihadapi masyarakat dan memperluas wawasan pemikiran serta belajar menanggulangi permasalahan secara praktis


BAB II


DAFTAR PUSTAKA
Al-Qur’an dan Terjemahannya.
Abd Razak . 2012. Mutiara Dakwah. Pekanbaru: Majelis Dakwah Islamiyah Provinsi Riau.
Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Faizah dan Lalu Muchsin Effendi. 2006. Psikologi Dakwah. Jakarta : Prenadamedia Group.
Febri Giantara. 2017. Statistik Pendidikan dengan SPSS 21 . Pekanbaru : LPPM STAI Diniyah .
Feranita. 2017. Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak di MA Syamsul Ulum Kota Sukabumi Jawa Barat. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ike Marlina. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kustadi Suhandang . 2007. Manajemen Pers Dakwah . Bandung : Marja. 
Noeng Muhadjir. 2013. Psikologi Positif. Yogyakarta: Rake Sarasin.
Rohmalina wahab. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada .
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Sunarto dan Agung Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Disik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ulva Aryani . 2017 . Pengaruh Pelaksanaan Sholat Fardhu Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok  Pesantren Putri Al- Lathifiyyah Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Baticmedia. http://www.baticmedia.com/2015/05/perbedaan-media-online-website-media. Diakses tanggal 4 Maret 2018 Pukul 06.29
Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial. Diakses tanggal 4 Maret 2018 Pukul 06.25


Tidak ada komentar: