LAPORAN INDIVIDU KULIAH
KERJA NYATA
DI RW 04 PERUMAHAN BUKIT MUTIARA PERMAI 1 KELURAHAN MENTANGOR
KECAMATAN TENAYAN RAYA
DI RW 04 PERUMAHAN BUKIT MUTIARA PERMAI 1 KELURAHAN MENTANGOR
KECAMATAN TENAYAN RAYA
PEKANBARU

Oleh:
HAYATUN SAKINAH
NIMKO : 1216.15.1369
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEKANBARU
1439 H/2018 M
PEKANBARU
1439 H/2018 M
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH PEKANBARU
LAPORAN PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH PEKANBARU
TAHUN AKADEMIK 2018
DI LOKASI RW 04 PERUMAHAN BUKIT MUTIARA PERMAI 1 KELURAHAN MENTANGOR
KECAMATAN TENAYAN RAYA
DI LOKASI RW 04 PERUMAHAN BUKIT MUTIARA PERMAI 1 KELURAHAN MENTANGOR
KECAMATAN TENAYAN RAYA
PEKANBARU
HAYATUN SAKINAH
NIMKO : 1216.15.1369
Mentangor,
20 Mei 2018
Disetujui Oleh : Mengetahui,
Kelurahan Mentangor
Dosen Pembimbing
Bismi Hayati S.H Sukiyat M.Ag
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil’alamin,
rasa syukur yang sedalam-dalamnya kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah
memberikan nikmat sehingga kami mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok V di RW 04 Kelurahan Mentangor dapat
menyelesaikan program Kuliah Kerja Nyata selama kurang lebih 2 bulan.
Shalawat dan
Salam kami hadiahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW dengan ucapan
“ Allahumma sholli ’ala sayyidina Muhammad wa’ala alihi sayyidina Muhammad.
Assalamu’alaika ya Rasulullah.
Dengan
berakhirnya program Kuliah Kerja Nyata , maka dengan ini kami menyampaikan
laporan akhir kegiatan kami. Dalam laporan ini kami muat semua program yang
kami jalankan dari tahap perencanaan , pelaksanaan dan evaluasi dari kegiatan
tersebut. Namun, perlu juga disadari bahwa dalam laporan ini kami tentunya
terdapat kekurangan-kekurangan yang secara manusiawi tidak mampu kami elakkan,
hal ini tentu menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya untuk terus menerus
melakukan perbaikan.
Ucapan
terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menjalankan atau
merealisasikan program. Dosen pembimbing, Ibu Lurah, Ketua RW , Pengurus masjid
serta seluruh masyarakatyang telah membantu kami.
Akhirnya ,
untuk memperoleh perbaikan, kami mengharapkan masukan, saran dan nasehat yang
mendukung,membangun dan semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak yang
berkepentingan.
Pekanbaru, 20 Mei 2018
Hayatun Sakinah
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
A. LATAR
BELAKANG
B. PERMASALAHAN
1. IDENTIFIKASI MASALAH
2. BATASAN MASALAH
3. RUMUSAN MASALAH
C. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
D. KONSEP TEORI
1. DAKWAH SOSIAL MEDIA
2. PERKEMBANGAN EMOSIONAL
E.KERANGKA BERFIKIR
F.PENELITIAN YANG
RELEVAN
G.ASUMSI DAN
HIPOTESIS
1. Asumsi Penelitian
2. Hipotesis
Penelitian
H. METODE PENELITIAN
I. TEMPAT DAN WAKTU
PENELITIAN
J. SUBJEK DAN OBJEK
1. Subjek Penelitian
2. Objek Penelitian
K. POPULASI DAN
SAMPEL PENELITIAN
1. Populasi
Penelitian
2. Sampel Penelitian
L. TEKNIK PENGUMPULAN
DATA
M.TEKNIK ANALISA DATA
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pendidikan
merupakan suatu aktifitas yang sangat mulia bagi manusia, karena dengan
pendidikan tersebut manusia dapat mengembangkan ilmu-ilmu yang telah
dipelajarinya. Setiap manusia dianjurkan untuk menuntut ilmu, karena ilmu
merupakan suatu hal pokok yang harus dimiliki oleh setiap individu, guna
menghadapi globalisasi tantangan zaman dan era informasi.
Kota
Pekanbaru merupakan daerah yang memiliki potensi besar dan harus terus
dikembangkan. Untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut sangat dibutuhkan
Sumber Daya Manusia yang berkualitas, baik itu dari segi intekektual, emosional
dan spiritual. Salah satu aspek yang dapat membentuk kualitas diri adalah
dengan berpedoman pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi aspek
Pendidikan, Pengembangan dan Pengabdian masyarakat.
Aspek
pendidikan tidak hanya berhenti pada bidang-bidang ilmu yang dipelajari saja namun
lebih jauh untuk menyalurkan minat bakat dan potensi dalam diri mahasiswa yang
terealisasi dalam unit-unit kegiatan yang ada dimasing-masing Perguruan Tinggi.
Selain
itu dalam aspek pengembangan masyarakat, Mahasiswa dituntut untuk dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan potensi-potensi yang dimilikinya pada
masyarakat. Tujuan lain yang dapat dipetik yaitu menjadikan mahasiswa peka akan
kebutuhan masyarakat dalam pengembangan diera globalisasi, untuk itu diperlukan
persiapan yang matang guna untuk mampu bersaing. Adapun usaha untuk memwujudkan
itu semua salah satunya melakukan kuliah kerja nyata (KuKerTa).
Kuliah
Kerja Nyata merupakan kegiatan intrakulikuler yang memberi kesempatan pada
mahasiswa untuk belajar dan bekerja bersama masyarakat. Kuliah kerja nyata yang
dilakukan oleh mahasiswa bukan berarti mengajar masyarakat tentang
sesuatu yang terbaik untuk mereka, tetapi mahasiswa melakukan tugas mendampingi
terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dan ikut berpartisipasi dalam
kegiatan masyarakat, karna dari hal-hal yang seperti itulah mahasiswa belajar.
Sekolah
Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru, setiap tahunnya mengikut sertakan
mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan bermasyarakat. Partisipasi ini
dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KuKerTa) angkatan ke XII tahun ini. Dengan
keikutsertaan mahasiswa diharapkan dapat memperluas wawasan berpikir dan
bertindak dalam memahami realitas yang berkembang ditengah masyarakat, sesuai
dengan teori keilmuan yang dipelajari dibangku kuliah. Selain itu, kegiatan KuKerTa
berupaya membawa mahasiswa untuk memahami kenyataaan-kenyataaan yang berkembang
dalam masyarakat, menggunakan teori keilmuan yang dipelajarinya di bangku
kuliah.
Kami
mendapatkan Lokasi KuKerTa di RW 04 Perumahan Bukit Mutiara Permai 1 Kelurahan
Mentangor Kecamamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Kelurahan ini tergolong
kelurahan yang sudah maju karena letaknya tidak jauh dari pusat kota. Ditempat
ini mahasiswa berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan masyarakat.
Tujuan Kuliah Kerja Nyata
Adapun tujuan dilaksanakannya Program Kuliah Kerja
Nyata adalah :
1. Dengan KKN diharapkan agar calon-calon sarjana UIN
SUSKA terlatih terampil sebagai motivator dan innovator pembangunan masyarakat.
2. Untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan
pembangunan terutama di pedesaaan.
3. Untuk memberikan penyuluhan pada masyarakat tentang
penghayatan dan penglaman ajaran islam dalam rangka mencapai tujuan pembangunan
nasional.
4. Untuk mendekatkan jarak antara UIN SUSKA dengan
masyarakat, guna menysusun program pendidikan UIN SUSKA untuk
kepentingan masyarakat dan pembangunan nasional.
5. Untuk membantu calon-calon sarjana mengembangkan pola
fikir dalam rangka pemecahan problematika yang dihadapi masyarakat terutama di
pedesaan.
6. Mempersiapkan calon sarjana yang lebih menghayati dan
memahami kompleksitas permasalahan yang langsung dihadapi masyarakat dan
memperluas wawasan pemikiran serta belajar menanggulangi permasalahan secara
praktis
BAB II
DAFTAR
PUSTAKA
Al-Qur’an dan
Terjemahannya.
Abd Razak .
2012. Mutiara Dakwah. Pekanbaru:
Majelis Dakwah Islamiyah Provinsi Riau.
Desmita.
2015. Psikologi Perkembangan. Bandung
: PT Remaja Rosdakarya.
Faizah dan
Lalu Muchsin Effendi. 2006. Psikologi
Dakwah. Jakarta : Prenadamedia Group.
Febri
Giantara. 2017. Statistik Pendidikan
dengan SPSS 21 . Pekanbaru : LPPM STAI Diniyah .
Feranita.
2017. Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Hasil
Belajar Aqidah Akhlak di MA Syamsul Ulum Kota Sukabumi Jawa Barat. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan
Lampung.
Ike
Marlina. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang
Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas V SD se-Gugus II Kecamatan Umbulharjo
Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kustadi
Suhandang . 2007. Manajemen Pers Dakwah
. Bandung : Marja.
Noeng
Muhadjir. 2013. Psikologi Positif.
Yogyakarta: Rake Sarasin.
Rohmalina
wahab. 2015. Psikologi Belajar.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada .
Sugiyono.
2014. Metode Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian.
Jakarta : Rineka Cipta.
Sunarto dan
Agung Hartono. 2008. Perkembangan Peserta
Disik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Ulva Aryani . 2017
. Pengaruh Pelaksanaan Sholat Fardhu
Terhadap Kecerdasan Emosional Santri Di Pondok
Pesantren Putri Al- Lathifiyyah Palembang. Universitas Islam Negeri
Raden Fatah Palembang.
Baticmedia. http://www.baticmedia.com/2015/05/perbedaan-media-online-website-media.
Diakses tanggal 4 Maret 2018 Pukul 06.29
Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial.
Diakses tanggal 4 Maret 2018 Pukul 06.25
Tidak ada komentar:
Posting Komentar