Sabtu, 30 Desember 2017

Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving)



MATA KULIAH                                                                                          DOSEN PEMBIMBING
STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QUR`AN HADITS                                    HALIMAH, MA



MAKALAH
Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah

Disusun oleh:
HAYATUN SAKINAH
NIM:1216.15.1369
WIRDATUL FITRI
NIM : 1216.16.200.1634


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM PEKANBARU
1439 H/ 2017 M



KATA PENGANTAR


Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga tugas makalah   ini dapat terselesaikan dengan lancar dan tepat pada waktunya. Selanjutnya sholawat dan salam saya kirimkan kepada nabi besar Muhammad SAW sebagaimana beliau telah mengangkat derajat manusia dari alam kegelapan menuju alam yang terang benderang.
Ucapan terima kasih saya berikan kepada bapak dosen Halimah, MA. Selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Pembelajaran Alqur`an Hadits yang telah memberikan ilmu serta arahan pada tugas makalah ini.
Selanjutnya ucapan terima kasih saya berikan kepada teman-teman yang telah mau bekerja sama dan memberikan bantuannya terhadap tugas ini, tanpa mereka makalah ini juga tidak akan terselesaikan tepat pada waktunya. Harapan saya, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembacanya serta dapat menambah pengetahuan dan pemahaman pada pembahasan makalah ini. Aamiin.
Tentunya masih banyak kesalahan pada tugas makalah ini yang mungkin saya tidak sadari, oleh karena itu kritik dan saran bagi pembaca sangat saya harapkan guna perbaikan tugas makalah-makalah selanjutnya.



Pekanbaru,26 Desember 2017

                                                                                                                   Penyusun

 


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR.....................................................................................................................2
BAB 1.  PENDAHULUAN.............................................................................................................4
A.Latar belakang masalah................................................................................................................4
B.Rumusan masalah.........................................................................................................................4
C.Tujuan...........................................................................................................................................4
BAB II.PEMBAHASAN.................................................................................................................5
A.Pengertian Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah...............................................................5
B.Langkah-Langkah  Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah...............................................5
BAB III.PENUTUP.........................................................................................................................8
A.Kesimpulan..................................................................................................................................8
B.Saran.............................................................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................................................9






BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang masalah
Dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) ada beberapa hal yang sebenarnya menjadi substantif dan terkadang menjadi permasalahan yang tidak disadari oleh setiap guru atau pendidik dalam proses pembelajaran. Seperti halnya, guru yang sedang mengajar, belum tentu diikuti dengan kegiatan belajar oleh siswanya. Siswa yang belajar terkadang tidak paham meskipun telah hafal. Begitu juga dengan siswa yang paham, belum tentu dapat mempraktekkan pengetahuan atau hafalannya tersebut kedalam kehidupan nyata. Maka dari itu, yang menjadi pokok pembahasan pada makalah ini adalah bagaimana seorang guru dapat/mampu menerapkan strategi pembelajaran yang dapat menjadi alternatif dari permasalahan tersebut.
Permasalahan terbesar yang dihadapi para peserta didik sekarang (siswa) adalah mereka belum bisa menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan dalam realita yang ada. Hal ini dikarenakan cara mereka memperoleh dan mengolah informasi dan motivasi diri belum tersentuh oleh metode yang betul-betul bisa membantu mereka. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang benar-benar bisa memberi jawaban dari masalah ini. Salah satu metode yang bisa lebih memberdayakan siswa adalah “Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah”.
B.     Rumusan masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran pemecahan masalah?
2.      Bagaimanakah langkah-langkah metode pembelajaran pemecahan masalah?
C.    Tujuan
1.        Mengetahui apa itu metode pembelajaran pemecahan masalah.
2.        Mengetahui langkah-langkah metode pembelajaran pemecahan masalah.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah
Model pembelajaran berbasis masalah atau lebih spesifik Metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Solving) menurut Sudirman, dkk adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis dalam usaha mencari pemecahan atau jawabannya oleh siswa.[1]
Berdasarkan modul pelatihan Kurikulum 2013. Pembelajaran berbasis masalah dikelompok dalam 4 jenis  Model Pembelajaran yang wajib dikuasai guru. Pengertian model Pembelajaran Berbasis Masalah disini  diartikan sebagai pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat terbuka untuk diselesaikan oleh peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berpikir, keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan sosial, keterampilan untuk belajar mandiri, dan membangun atau memperoleh pengetahuan baru. Pembelajaran ini berbeda dengan pembelajaran konvensional yang jarang menggunakan masalah nyata atau menggunakan masalah nyata hanya di tahap akhir pembelajaran sebagai penerapan dari pengetahuan yang telah dipelajari. Pemilihan masalah nyata tersebut dilakukan atas pertimbangan kesesuaiannya dengan pencapaian kompetensi dasar.
Dengan demikian, Metode pembelajaran berbasis masalah atau metode pemecahan masalah (Problem Solving) adalah sebuah metode pembelajaran yang berupaya membahas permasalahan untuk mencari pemecahan atau jawabannya. Sebagaimana metode mengajar, metode pemecahan masalah sangat baik bagi pembinaan sikap ilmiah pada para siswa. Dengan metode ini, siswa belajar memecahkan suatu masalah menurut prosedur kerja metode ilmiah.
B.     Langkah-Langkah  Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah
Dalam garis besarnya langkah-langkah metode pembelajaran masalah (problem solving) dapat disajikan sebagai berikut:
a. Adanya masalah yang dipandang penting;
b. Merumuskan masalah;
c.  Analisa hipotesa;
d. Mengumpulkan data;
e. Analisa data;
f.  Mengambil kesimpulan
g. Aplikasi (penerapan) dari kesimpulan yang diperoleh; dan
h. Menilai kembali seluruh proses pemecahan masalah[2]
Berikut adalah langkah-langkah PBM yang diadaptasi dari pendapat Arends (2012) dan Fogarty (1997).
Tahap
Deskripsi
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik.
Tahap 2
Organisasi belajar
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata yang telah disajikan, yaitu mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah.
Tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah, misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.

Secara Sederhana langkah penerapan Model Pembelajaran Berbasis masalah dalam kegiatan belajar mengajar adalah sebagai berikut: 1) Siswa dibantu guru mempersiapkan dan merumusakan masalah yang akan diteliti, 2) Siswa mencoba menentukan alternatif pemecahan masalah tersebut; 3) Siswa mengumpulkan informasi sesuai alternatif permasalahan yang telah ditetntukan; 4) siswa membuat simpulan; 5) siswa mempersentasikan simpulan tersebut. Dengan cara tersebut diharapkan anak-anak didik untuk berpikir dan bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah. Metode ini lebih tepat digunakan di kelas tinggi.







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Metode pemecahan masalah (Problem Solving) adalah sebuah metode pembelajaran yang berupaya membahas permasalahan untuk mencari pemecahan atau jawabannya. Sebagaimana metode mengajar, metode pemecahan masalah sangat baik bagi pembinaan sikap ilmiah pada para siswa. Dengan metode ini, siswa belajar memecahkan suatu masalah menurut prosedur kerja metode ilmiah.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis masalah dalam kegiatan belajar mengajar adalah sebagai berikut: 1) Siswa dibantu guru mempersiapkan dan merumusakan masalah yang akan diteliti, 2) Siswa mencoba menentukan alternatif pemecahan masalah tersebut; 3) Siswa mengumpulkan informasi sesuai alternatif permasalahan yang telah ditetntukan; 4) siswa membuat simpulan; 5) siswa mempersentasikan simpulan tersebut. Dengan cara tersebut diharapkan anak-anak didik untuk berpikir dan bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip ilmiah. Metode ini lebih tepat digunakan di kelas tinggi.
B.     Saran
            Penulis menyadari jika dalam tulisan ini masih banyak kekurangan.Karena itu penulis berharap masukan dan saran yang membangun agar sempurnanya makalah ini.






DAFTAR PUSTAKA

Sadirman, N . dkk. 1991 Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdikbud. 1997. Pokok-pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Depdikbud
https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/metode-pemecahan-masalah-problem.html


[1] Sadirman, N . dkk. 1991 Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hlm:146.

[2] Depdikbud. 1997. Pokok-pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum 1994. Jakarta: Depdikbud.Hlm:23.

Tidak ada komentar: