MAKALAH
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM
FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
PENGERTIAN PENDIDIKAN ISLAM

DOSEN PEMBIMBING
IRWANDI, ME
IRWANDI, ME
HAYATUN SAKINAH
NIMKO : 1216.15.1369
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DINIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PEKANBARU
2017
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan masalah
C. Tujuan
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan dan Pendidikan Islam
B. Persamaan dan
Perbedaan Pendidikan dan Pendidikan Islam
C. Ruang Lingkup Kajian Ilmu
Pendidikan Islam
D. Alasan Pentingnya
Mempelajari Pendidikan Islam
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah
Kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang mana dengan Taufiq dan
Hidayah serta Inayah-Nya,saya dapat
menyelesaikan makalah sederhana ini.
Semoga
shalawat dan salam senantiasa
dilimpahkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw dan seluruh keluarganya, para
sahabat,tabi’in,dan tabi’it-tabi’in, serta para pengikut setia Beliau hingga
akhir zaman.
Makalah
ini membahas tentang “Pengertian Pendidikan Islam” yang dirangkum dari
beberapa sumber, dengan maksud agar memudahkan Mahasiswa dalam mempelajari
materi perkuliahan.
Semoga
dengan tersusunnya makalah ini, bisa dijadikan sebagai pelajaran dan bermanfaat
untuk kita semua, amin.
Pekanbaru, 6 Oktober 2017
Hayatun Sakinah
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Filsafat dibutuhkan manusia dalam
upaya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam berbagai lapangan
kehidupan. Jawaban itu merupakan hasil pemikiran yang sistematis, integral, menyeluruh,
dan mendasar. Jawaban seperti itu digunakan untuk mengatasi masalah-masalah
yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk pendidikan.
Filsafat dapat dikatakan sebagai
usaha untuk memahami atau mengerti semesta dalam hal makna (hakikat) dan
nilai-nilainya (esensi) yang tidak cukup dijangkau hanya dengan panca indera
manusia sekalipun. Filsafat berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
tentang asal mula dan sifat dasar alam semesta tempat manusia hidup serta apa
yang merupakan tujuan hidupnya.
Adapun dalam makalah ini akan
dibahas tentang pengertian pendidikan,
pendidikan islam,persamaan dan perbedaannya, ruang lingkupnya serta alasan
pentingnya mempelajari pendidikan islam. Untuk lebih jelasnya silahkan simak
makalah berikut.
B. Rumusan masalah
1.
Apa pengertian dari pendidikan
dan pendidikan islam?
2. Apa persamaan dan perbedaan
pendidikan dan pendidikan islam?
3. Apa saja ruang lingkup kajian ilmu pendidikan
islam?
4. Apa alasan pentingnya mempelajari
pendidikan islam?
C. Tujuan
1. Untuk mengetahui pengertian dari pendidikan dan pendidikan islam.
2. Untuk mengetahui persamaan dan
perbedaan pendidikan dan pendidikan islam.
3. Untuk mengetahui ruang lingkup
kajian pendidikan islam.
4. Untuk mengetahui alasan pentingnya
mempelajari pendidikan islam.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendidikan dan Pendidikan Islam
Dalam arti sederhana pendidikan
sering daiartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiaannya sesuai
dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan.[1]
Dalam
SK Mendiknas No.008-E/U/1975 disebutkan bahwa Pendidikan Umum ialah pendidikan
yang bersifat umum, yang wajib diikuti oleh semua siswa dan mencakup program
Pendidikan Moral Pancasila yang berfungsi bagi pembinaan warga negara yang
baik.
Kesimpulan
bahwa Pendidikan Umum merupakan program pendidikan yang mengembangkan
keseluruhan kepribadian siswa dan mahasiswa agar setiap dalam berpikir ilmiah
dan mengelola emosi dilandasi etika dan moral yang berfungsi membina siswa dan
mahasiswa menjadi warga Negara yang baik .
Pendidikan
islam adalah suatau sistem kependidikan yang mecakup seluruh aspek kehidupan
yang dibutuhkan oleh hamba Allah. [2]
Oleh karena islam mempedomani
seluruh aspek kehidupan manusia muslim baik duniawi atau ukhrowi.
Menurut
Musthafa
Al-Ghulayani, pendidikan islam adalah menanamkan akhlak yang
mulia didalam jiwa anak dalam masa pertumbuhannya dan menyiraminya dengan air
petunjuk dan nasehat sehingga akhlak itu manjadi salah satu kemampuan (meresap
dalam) jiwanya kemudian buahnya berwujud keutamaan, kebaikan dan cinta bekerja
untuk kemanfaatan tanah air.
Jadi,
pendidikan islam ialah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada
terdidik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadia muslim.
B. Persamaan dan Perbedaan Pendidikan dan Pendidikan Islam
Sebenarnya
pendidikan dan pendidikan islam tidak jauh berbeda, dilihat dari pengertiannya.
Beda dengan pendidikan yang ada di barat, dimana Pengertian Pendidikan
Barat. Seperti yang ditulis sebelumnya bahwa tujuan pendidikan itu tidak bisa
lepas dari tujuan hidup manusia. Pada tujuan hidup itulah yang membedakan
antara pendidikan dan pendidikan islam.
Orang-orang
Sparta salah satu kerajaan Yunani lama dahulu berpendapat bahwa tujuan hidup
adalah untuk berbakti kepada negara, untuk memperkuat Negara.
Sangat
berbeda dengan pendidikan islam, Dimana Tujuan pendidikan Islam tidak terlepas
dari tujuan hidup manusia dalam Islam, yaitu untuk menciptakan pribadi-pribadi
hamba Allah yang selalu bertakwa kepadaNya, dan dapat mencapai kehidupan yang
berbahagia di dunia dan akhirat.
Dalam
konteks sosiologi pribadi yang bertakwa menjadi rahmatan lil ‘alamin, baik
dalam skala kecil maupun besar. Tujuan hidup manusia dalam Islam inilah yang
dapat disebut juga sebagai tujuan akhir pendidikan Islam.
Menurut
Abdul Fatah Jalal, tujuan umum pendidikan Islam ialah terwujudnya manusia
sebagai hamba Allah. Jadi menurut Islam, pendidikan haruslah menjadikan seluruh
manusia yang menghambakan kepada Allah. Yang dimaksud menghambakan diri ialah
beribadah kepada Allah.
Perbedaan pendidikan dan pendidikan islam tidak
jauh berbeda karena tujuan pendidikan itu tidak bisa lepas dari tujuan hidup
manusia. Pendidikan islam adalah pendidikan yang seluruh aspek atau komponenya
didasarkan pada ajaran islam yaitu ditekankan pada
pembentukan akhlak muslim untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.. Sedangkan
pendidikan secara umum tidak semua didasarkan pada ajaran islam.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa
:
1.
Pendidikan
menurut pandangan islam lebih dominan kepada pembentukan akhlak, akidah dan
iman. Sedangkan secara umum pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan
pengembangan kemampuan yang dimiliki. Apabila kedua hal ini digabungkan maka
hasil dari pendidikan akan sangat maksimal dan menghasilkan peserta didik yang
memiliki intelektual dan akhlak yang mulia.
2.
Dasar
pendidikan menurut islam fokus kepada Al-qur’an dan hadist sedang secara umum
dasar pendidikan juga lebih menitik beratkan ke dasar religius.
3.
Tujuan
Pendidikan baik secara islam dan umum hampir memiliki kesamaan yaitu mendapatkan
kesuksesan. Apabila digabungkan maka tujuan pendidikan adalah upaya untuk
meraih kesuksesan hidup di dunia dan akherat.
C. Ruang Lingkup Kajian Ilmu Pendidikan Islam
Ilmu Pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup
yang sangat luas, karena didalamnya banyak pihak-pihak yang ikut terlibat baik
secara langsung atau tidak langsung. Objek ilmu pendidikan islam ialah situasi
pendidikan yang terdapat pada dunia pengalaman. Diantara objek atau segi ilmu
pendidikan islam dalam situasi pendidikan islam:
1.
Perbuatan Mendidik sendiri
Sikap atau tindakan menuntun,
membimbing,memberikan pertolongan dari seorang pendidik kepada anak didik untuk
menuju ke tujuan pendidikan islam.
2.
Anak didik
Yaitu pihak yang merupakan objek terpenting
dalam pendidikan. Hal ini disebabkan perbuatan atau tindakan mendidik itu
diadakan atau dilakukan hanyalah untuk membawa anak didik ke arah tujuan
pendidikan islam yang di cita-citakan.
3.
Dasar dan tujuan pendidikan islam
Yaitu landasan yang menjadi fondamen serta
sumber dari segala kegiatan pendidikan islam ini dilakukan. Maksudnya
pelaksanaan pendidikan islam yaitu arah kemana anak didik akan dibawa.
Secara umum,
pendidikan Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan,
dan pengalaman peserta didik tentang agama Islam, sehingga menjadi manusia
muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam
kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (GBPP PAI, 1994).
Dimensi-dimensi
kehidupan ideal Islam mengandung nilai yang dapat meningkatkan kesejahteraan
hidup manusia di dunia untuk mengelola dan memanfaatkan dunia sebagai bekal
kehidupan di akherat. [3]
4.
Pendidikan
Yaitu subjek yang melaksanakan pendidikan
islam. Pendidik ini mempunyai peran penting karena berpengaruh kepada baik atau
tidaknya hasil pendidikan islam.
5.
Materi pendidikan islam
Yaitu bahan – bahan atau pengalaman –
pengalaman belajar ilmu agama islam yang disusun yang sedemikian rupa untuk
disajikan kepada anak didik.
6.
Metode pendidikan islam
Ialah cara yang paling tepat dilakukan oleh
pendidik untuk menyampaikan bahan atau materi pendidikan islam agar materi
pendidikan islam tersebut dapat dengan mudah diterima oleh anak didik
7.
Evaluasi pendidikan
Yaitu memuat cara – cara bagaimana mengadakan
evaluasi atau penilaian terhadap hasil belajar anak didik.
8.
Alat – alat pendidikan islam
Yaitu alat – alat yang dapat digunakan selama
melaksanakan pendidikan islam agar tujuan pendidikan islam tersebut lebih
berhasil.
9.
Lingkungan sekitar
Yang dimaksud ialah keadaan – keadaan yang ikut
berpengaruh dalam pelaksanaan serta hasil pendidikan islam.
D. Alasan Pentingnya Mempelajari Pendidikan
Islam
Pendidikan
merupakan kata kunci untuk setiap manusia agar ia mendapatkan ilmu. Hanya
dengan pendidikanlah ilmu akan didapat dan diserap dengan baik. Pendidikan juga
merupakan metode pendekatan yang sesuai dengan fitrah manusia yang memiliki
fase tahapan dalam pertumbuhan.
Pendidikan
Islam memiliki 3 tahapan kegiatan, yaitu: tilawah (membacakan ayat Allah),
tazkiyah (mensucikan jiwa) dan ta’limul kitab wa sunnah (mengajarkan al kitab
dan al hikmah). Pendidikan dapat merubah masyarakat jahiliyah menjadi umat
terbaik disebabkan pendidikan mempunyai kelebihan. Pendidikan mempunyai ciri
pembentukan pemahaman Islam yang utuh dan menyeluruh, pemeliharaan apa yang
telah dipelajarinya, pengembangan atas ilmu yang diperolehnya dan agar tetap
pada jalan syariah. Hasil dari pendidikan Islam akan membentuk jiwa yang
tenang, akal yang cerdas dan fisik yang kuat serta banyak beramal.
Mengapa
mempelajari pendidikan islam sangatlah penting? Karena dalam pendidikan islam
telah mencakup seluruh aspek dalam kehidupan kita yang tertuang didalam
al-qur’an dan hadis meliputi :
1. Pembinaan Akhlak
2. Penguasaan Ilmu (keseluruhan ilmu)
3. Keterampilan bekerja dalam masyarakat
4. Mengembangkan akal dan Akhlak
5. Pengajaran Kebudayaan
6. Pembentukan kepribadian
7. Menghambakan diri kepada Allah
8. Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan akhirat .
BAB III
KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
Pendidikan Umum merupakan program pendidikan yang mengembangkan
keseluruhan kepribadian siswa dan mahasiswa agar setiap dalam berpikir ilmiah
dan mengelola emosi dilandasi etika dan moral yang berfungsi membina siswa dan
mahasiswa menjadi warga Negara yang baik .
Pendidikan islam adalah suatau sistem kependidikan yang mecakup
seluruh aspek kehidupan yang dibutuhkan oleh hamba Allah. Oleh karena islam
mempedomani seluruh aspek kehidupan manusia muslim baik duniawi atau ukhrowi.
Perbedaan
pendidikan dan pendidikan islam tidak jauh berbeda karena tujuan pendidikan itu
tidak bisa lepas dari tujuan hidup manusia. Pendidikan islam adalah pendidikan
yang seluruh aspek atau komponenya didasarkan pada ajaran islam yaitu ditekankan pada pembentukan akhlak muslim
untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.. Sedangkan pendidikan secara umum tidak semua
didasarkan pada ajaran islam.
B. Saran
Akhirnya selesailah
makalah saya yang membahas tentang
pengertian pendidikan islam. Sungguh, masih banyak kekurangan yang harus saya
perbaiki dalam penyusunan makalah ini. Apabila terdapat kesalahan penulisan
saya mohon maaf, kritik dan saran dari pembaca akan saya tunggu. Terimakasih.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdul Mujib.
2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Hasbullah. 2011. Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta : PT. Raja
Grafindo Persada.
Nur Uhbiyati .1999. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : CV.
Pustaka Setia.
Ajang Kreasi Belajar. Pendidikan
Agama dan Pendidikan Umum.
http://alleducationdiana.blogspot.co.id/2011/06/pendidkan-agama-dan-pendidikan-umum.html
Coretan Pena. Pendidikan
dan Pendidikan Islam. http://sholihfikr.blogspot.co.id/
2014/03/pendidikan-dan-pendidikan-islam.html
2014/03/pendidikan-dan-pendidikan-islam.html
[1]Hasbullah.
2011. Dasar-dasar Pendidikan.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Hlm.1
[2]Nur Uhbiyati .1999.
Ilmu Pendidikan Islam. Bandung : CV. Pustaka Setia. Hlm.13
[3]Abdul Mujib. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.Hlm.
70
Tidak ada komentar:
Posting Komentar